INILAH SEMBILAN KISAH MISTERI DIBALIK KEINDAHAN GUNUNG SUNDA

Foto Istimewa

Masaginews.com – Gunung Sunda merupakan salah satu tempat wisata alam unggulan yang terletak di Kabupaten Sukabumi, tepatnya berlokasi di wilayah Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat. Gunung yang hanya memiliki ketinggian sekitar 680 meter diatas permukaan laut tersebut memiliki panorama yang sangat indah.

Namun dibalik keindahannya, terdapat berbagai mitos atau legenda yang hingga kini masih tetap terpelihara di tengah masyarakat. Inilah delapan mitos yang terakum dengan berbagai versi.

1. Peninggalan Sejarah
Masyarakat sekitar meyakini terdapat banyak peninggalan sejarah di kawasan Gunung Sunda yang hingga kini sulit untuk diungkapkan keberadaannya.

2. Dikeramatkan
Dikramatkan karena dipercaya pada jaman dahulu keberadaan Gunung Sunda disembunyikan atau dilindungi dari ancaman musuh oleh para pendahulu.

3. Memiliki Banyak Versi Cerita Rakyat
Gunung Sunda memiliki banyak versi cerita rakyat yang berkembang hingga kini.

4. Benda Pusaka
Terdapat benda pusaka yang tidak diketahui keberadaannya. Jika ada orang yang berhasil menemukannya maka akan menjadi kaya raya atau menjadi penguasa.

5. Memiliki Dua Nama
Nama lain Gunung Sunda adalah Gunung Kerud atau Gunung Tunda. Kata “Tunda” pada penamaan itu memiliki arti disembunyikan identitasnya.

6. Tersimpan Peralatan Perang
Terdapat berbagai peralatan perang yang diyakini sangat berbahaya. Seluruh peralatan itu dapat digunakan jika kembali terjadi perang.

7. Persinggahan Prabu Siliwangi
Gunung Sunda merupakan salah satu tempat yg pernah disinggahi oleh PrabuSiliwangi. Terbukti nama jalan menuju kawasan ini bernama JL. Siliwangi yang meliputi Cibatu-Babakan-Cipancur-Ciroyom. Begitu juga jalan yang menuju Kecamatan Kadudampit diberi nama Jalan Surya Kencana.

8. Terbagi Dua Kawasan
Berbagai versi cerita rakyat mengungkapkan bahwa puncak Gunung Sunda terbagi menjadi dua kawasan, yakni kawasan pertama yang berada di wilayah Timur di duduki Jin dan kawasan kedua di bagian barat dikuasai oleh Kerjaan Padjajaran.

9. Bebatuan Unik
Terdapat bebatuan dengan bentuk yang cukup unik. Seperti Batu Lulumpang yang bentuknya seperti lulumpang atau tempat menumbuk. Batu Buruy (Kecebong). Sesuai penamaannya batu ini memiliki bentuk menyerupai seekor kecebong serta batu-batu lainnya.

Penulis : Tony KJ