Selasa, Agustus 21, 2018
Home > Berita Pilihan > RESPON DUA KEPALA DAERAH SUKABUMI SOAL REL KA GANDA DAN BANDARA

RESPON DUA KEPALA DAERAH SUKABUMI SOAL REL KA GANDA DAN BANDARA

Masaginews.com – Dua kepala daerah Kota dan Kabupaten Sukabumi merespon positif dimulainya pembangunan rel kereta api ganda lintas Bogor-Sukabumi oleh Presiden RI Joko Widodo yang berlokasi di Perumahan Griya Benda Asri Cicurug, Jumat (15/12).

Terhitung per 1 Januari 2018 pekerjaan fisik rel ganda sudah dimulai pembangunannya dan dibagi dalam dua segmen. Segmen I Bogor-Cicurug sepanjang 26,7 km yang diperkirakan selesai tahun 2019, sedangkan segmen II Cicurug-Sukabumi sepanjang 30,5 km dimana pekerjaan konstruksi selesai tahun 2020.

“Harapan kedepan dengan adanya jalur rel kereta api ganda dan jalan tol, masyarakat Sukabumi lebih sejahtera,” ujar Bupati Sukabumi Marwan Hamami usai menyaksikan peresmian dimulainya pembangunan rel kereta api ganda.

Marwan memastikan Pemerintah Kabupaten Sukabumi mendukung penuh proses pembangunan dan mensosialisasikan dengan baik, termasuk bila ada kendala dalam proses pembebasan lahan.

“Pasti, dukungan pemerintah Kota dan Kabupaten Sukabumi “all out” mendukung karena ini mimpi kita yang sudah lama,” tandasnya.

Dirinya menegaskan juga akan mensosialisasikan lahan milik kereta api yang telah dimanfaatkan oleh masyarakat sepanjang rel kereta. “Bagaimana mensosialisasikan kepada masyarakat pengguna lahan milik kereta api akan dialihkan ke tempat yang bisa beraktivitas,” katanya.

Sementara itu Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz mengungkapkan sejak dirinya menjabat sebagai wali kota ada dua hal yang terus dikejar. Yaitu pembangunan Tol Bocimi dan rel kereta api ganda. “Akhirnya, Alhamdulillah janji Presiden dipenuhi,” katanya.

Perihal rencana pembangunan bandara di Citarate, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. Muraz beranggapan tidak akan menumbuhkan perekonomian secara signifikan baik untuk wilayah kabupaten maupun kota Sukabumi.

“Kita ingin adanya bandara dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi serta Cianjur,” katanya seraya menyebutkan lokasi bandara harus dekat dengan wilayah kota dan kabupaten Sukabumi.

Pembiayan jalur ganda rel kereta api lintas Bogor-Sukabumi menggunakan APBN sebesar Rp2,45 Triliun yang dilaksanakan multiyear.(AG)

REKOMENDASI:

Hari Kedua, KPU Masih Sepi Pendaftaran Bacaleg Kabupaten Sukabumi - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi sampai saat ini belum menerima pendaftaraan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah setempat. Padahal, waktu pendaftaran sudah ...
5 PEMANDU LAGU DIAMANKAN DARI WARUNG REMANG DAN KARAOKE ILEGAL DI CIKI... Masaginews.com - Polres Sukabumi petang tadi menggelar razia ke sejumlah warung remang-remang dan karaoke ilegal di sepanjang jalur alternatif Cikidang tepatnya di Kampung Pasirbilik, Desa Sampora, Kecamatan Cikidang, Ka...
BOCAH HILANG TERSERET OMBAK PANTAI RAWAKALONG PALABUHANRATU SUKABUMI D... Masaginews.com - Haikal Yusufi (9) korban hilang akibat terseret ombak Pantai Rawakalong, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa, Kamis (28/12) malam sekitar pukul 22.05 WIB. Korban d...
UTUSAN DITJEN PETERNAKAN DATANGI LOKASI KERACUNAN MASAGINEWS.com Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Balai Besar Pengujian Mutu dan Sertifikasi Produk Hewan Kementerian Pertanian mendatangi Kp. Pasirtengah Rt 04/03 Desa Kutajaya Kecamatan Cicurug Kabupate...
YPI Darusyifa Al-Qur’an Sukamanah Cireunghas diresmikan bupati sukabum... SUKABUMI LEBIH BAIK. Senin (1/5) Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami meresmikan YPI Darusyifa Al-Qur’an Sukamanah, yang ditandai dengan Penanadatangan Prasasti didampingi oleh Camat Cireunghas Komarudin SH. Serta Penguru...