Minggu, Agustus 19, 2018
Home > Berita Pilihan > SAAT FAHMI BELAJAR MAIN CELEMPUNG BARENG KOMUNITAS KARASUKAN

SAAT FAHMI BELAJAR MAIN CELEMPUNG BARENG KOMUNITAS KARASUKAN

Masaginews.com – Suasana Kelas Karinding (Kelakar) yang diikuti beberapa anak muda pecinta musik tradisional khas Sunda di Rumah Mesra Jalan Suryakencana, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Minggu (17/12) sore sedikit berbeda.

Saat Komunitas Karasukan penggiat musik tradisional khas Sunda sedang melatih peserta kelas, tiba-tiba orang nomor dua di Kota Sukabumi Achmad Fahmi mendadak datang berkunjung.

Sontak kedatangan Wakil Wali Kota Sukabumi itu mengagetkan peserta kelas yang sedang berlatih memainkan alat musik tradisional berupa karinding dan celempung.

Tidak mau kalah, Fahmi turut memainkan celempung bersama anggota komunitas karasukan. Sambil memainkan alat musik bambu ini, dirinya banyak bertanya seputar seni karinding, celempung dan perkembangannya di Kota Sukabumi.

Achmad Fahmi saat melihat anak-anak-anak muda yang tergabung di Kelas Karinding binaan Komunitas Karasukan memainkan alat musik tradisional khas Sunda. (Dick/Masaginews.com)

“Mempertahankan seni dan tradisi yang ada, tidak bisa hanya mengandalkan generasi yang lebih tua. Anak mudalah yang harus lebih berperan, karena merekalah pewaris sesungguhnya kesenian dan tradisi yang kita miliki,” ujar Fahmi.

Fahmi menuturkan jika sudah saatnya anak muda mengambil peran dan tanggung jawab dalam pelestarian seni dan tradisi. Dirinya juga mengungkapkan kekagumannya terhadap anak muda Kota Sukabumi yang masih mau mengurusi seni tradisi bahkan menjadikannya sebagai gaya hidup ditengah masyarakat modern saat ini.

” Saya berterima kasih pada mereka (Karasukan) juga rumah Mesra yang mau menggelar acara seperti ini, hingga seni tradisi bisa lebih dikenal masyarakat luas terutama kalangan anak muda Kota Sukabumi,” katanya.

Kelas Karinding yang digagas Rumah Mesra ini memang digelar untuk mengenalkan kembali sejumlah kesenian tradisi sunda kepada kalangan anak muda yang kerap mengunjungi tempat tersebut. Bahkan rencananya acara Kelakar akan menjadi menu rutin yang hadir setiap minggu petang di Rumah Mesra. (Dick)

REKOMENDASI:

Baru Dioperasikan, Tol Bocimi Langsung Dilanda Kemacetan Masaginews.com - Hari pertama pengoperasian jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) pada Jumat siang (8/6), langsung diserbu ratusan kendaraan. Akibatnya kemacetan arus lalulintas di jalan bebas hambatan tersebut tak ter...
Remaja Ini Rela Tinggalkan Bangku Sekolah Demi Bantu Ekonomi Keluarga Masaginews.com - Bulan Ramadhan selalu menjadi berkah bagi mayoritas remaja di Sukabumi. Paling tidak, dipenghujung puasa menjelang lebaran Hari Raya Idul Fitri pakaian serba baru sudah disiapkan orang tua mereka. Namun...
Hubungan Pendek Arus Listrik, 5 Rumah di Kebonmanggu Terbakar Kabupaten Sukabumi - Diduga akibat hubungan pendek arus listrik, sebanyak lima rumah di Kampung Cipendeuy, RT 01/09, Desa Kebon Manggu, Kecamatan Gunung Guruh terbakar, satu diantaranya rata dengan tanah. Peristiwa me...
INI KATA POLAIRUD SOAL LOKASI HILANGNYA BOCAH SEMBILAN TAHUN DI PANTA... Masaginews.com - Haikal bocah berusia sembilan tahun warga Jalan Pelita Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi yang hilang terseret ombak Pantai Rawakalong, Kamis (28/12) sore. Ternyata berenang di lokasi ...
Siap-siap, 16 Ribu Pemilik Kendaraan akan Didatangi Petugas Pajak Repostase : Budi Setiawan Masaginews.com - Tingkat kesadaran membayar pajak kendaraan bermotor di Kota Sukabumi masih rendah. Buktinya, berdasarkan data dari Kantor Cabang Pelayanan Pendapatan Daerah (CPPD) Kota Sukab...