Jumat, Agustus 17, 2018
Home > Inspirasi > Tokoh Kita > Salut, Polisi Berpangkat Brigadir di Sukabumi Gagas Perpustakaan Keliling

Salut, Polisi Berpangkat Brigadir di Sukabumi Gagas Perpustakaan Keliling

Masaginews.com –  Sosok polisi yang satu ini bukanlah seorang perwira tingga yang menduduki jabatan penting dalam lembaga kepolisian. Namun sepak terjangnya, cukup menginspirasi bagi personil polisi lainnya maupun masyarakat luas.

Dia adalah Sandi Praja. Polisi berpangkat Brigadir tersebut bertugas di Polsek Cibadak sebagai Bhabinkamtibas untuk wilayah Desa Karangtengah. Belum lama ini, Brigadir Sandi Praja menggagas perpustakaan keliling (Pusling).

Hebatnya, target dari kegiatan itu adalah lingkungan sekolah dasar (SD) yang berada di wilayah tugasnya. Salah satunya pusling yang digelar di SDN 5 Karangtengah, Kamis (26/4). Program yang digulirkannya itu pun menuai perhatian Kasubdit Bin Polmas Polda Jawa Barat AKBP Lilies Mulyani.

Perwira polisi dengan pangkat berlambang dua bunga emas itu langsung mendatangi lokasi pusling yang digelar Brigadir Sandi Praja. Hanya bermodalkan kendaraan roda empat dengan bagian bagasi terbuka ini, Sandi Praja memanfaatkannya sebagai perpustakaan.

Menurut AKBP Lilies Mulyani, kegiatan perpustakaan keliling ke setiap sekolah tersebut merupakan program yang sangat baik untuk meningkatkan minat baca dan pengetahuan terhadap anak sehingga anak lebih dekat dengan polisi.

“Jadi nantinya tidak ada rasa takut terhadap polisi, mereka akan merasa bangga dan bahkan anak anak ingin menjadi seorang polisi. Diharapkan koleksi buku bukunya supaya di perbanyak, dan untuk itu silahkan saja bisa mengajukan proposal ke Polda Jabar untuk bantuan tambahan koleksi buku lainnya supaya lebih lengkap terutama buku untuk anak anak,” beber Lilies.

Selain itu, di perbanyak juga buku buku tentang bahaya narkoba dan kenakalan remaja agar anak ini mengetahui sehingga menjauhi hal tersebut. Terpenting lagui anak-anak bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri. “Saya minta teruslah melakukan inovasi kepolisian untuk pelajar dan sekolah,”harapnya.

Brigadir Sandi Praja mengutarakan kegiatan perpustakaan keliling itu tidak hanya dilakukannya seorang diri, melainkan melibatkan juga Panit Lantas Polsek Cibadak IPDA Bayu Sunarti dan Panit Sabara Polsek Cibadak BRIPKA Endar Syahri dan anggota Lalulintas Polsek Cibadak lain nya.

“Perpustakaan Keliling saat ini di lakukan di SDN 5 Karangtengah, Cibadak, dan Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan kondusif sesuai harapan Kapolsek Cibadak Kompol Suhardiman, dan Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi, ungkapnya. (Ade Sutisna)

REKOMENDASI:

KH Kamaludin : Tangkal Hoax Dengan Tabayun Reportase : Iyang Sugiharto Masaginews.com - Maraknya penyebaran hoax di media sosial mengundang keprihatinan dari berbagai kalangan. Keprihatinan salah satunya dilontarkan oleh Pangasuh Pondok Pesantren Al-Mubayyidil...
Sukabumi Kehilangan Pedangdut Fenomenal “Agus Kenek” Kabupaten Sukabumi - Kabar duka menyelimuti pecinta dangdut Sukabumi, pasalnya penyanyi dangdut yang sempat menjuara ajang pencarian bakat di salah satu stasion televisi swasta yakni Agus Makmun atu lebih dikenal Agus Ke...