20 Tahun Warga Cisireum Sukabumi Tidak Pernah Menikmati Jalan Beraspal

Kabupaten Sukabumi – Sekitar 20 tahun warga Kampung Cisirem, Desa Mangunjaya, Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi tidak pernah menikmati jalan beraspal. Jalan utama yang menghubungkan dengan jalan raya ini kondisinya memprihatinkan seperti sungai kering saat kemarau dan di musim penghujan seperti kubangan kerbau.

Salah seorang warga sekitar Usep Saepul Rohman alias Uyung (35) mengatakan jalan rusak itu tidak pernah diperbaiki selama 20 tahun lebih. Semestinya ada perhatian dari pemerintah atau dinas terkait untuk memperbaiki jalan.

“Saya sempat tanya ke desa ternyata jalan ini merupakan jalan kabupaten jadi pihak desa tidak dapat membangun. Kondisi ini diperparah dengan seringnya terjadi kecelakaan khususnya saat musimhujan karena jalannya menjadi licin dan berlumpur,” ujarnya.

Hal senadan diungkapkan warga lainnya Ujang Sopari (38), bahwa sejak 18 tahun lalu saat dirinya pertama kali tinggal di Desa Mangunjaya kondisi jalan ini sudah rusak.

Dirinya dan warga lainnya hanya bisa berharap jalan ini segera diperbaiki, dan menitipkan pesan kepada kepala daerah dan anggota legislatif jangan hanya butuh suara masyarakat di sini saja untuk kepentingan politiknya, namun sudah jadi pasti selalu lupa.

“Panjang jalan yang rusak ini sekitar enam kilometer, setiap hari warga menggunakan jalan tersebut untuk menuju jalan raya baik ke sekolah, bekerja maupun aktivitas lainnya,” ujarnya. (M Rizal Jalaludin)