Diskominfo Kota Sukabumi Minta SKPD Aktifkan Website

Kota Sukabumi – Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi terus berupaya untuk membuka informasi selebar – lebarnya, agar dapat tersampaikan kepada masyarakat. Satu diantara cara yang saat ini tengah dilakukan, dengan mengaktifkan kembali semua website di setiap satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Kemarin kita kumpulkan semua perangkat daerah untuk membahas Keterbukaan Informasi Publik (KIP),”;ujar Sekretaris Diskominfo Kota Sukabumi Kurnia Ramdhani, saat ditemui di sekitaran kantor Pemkot Sukabumi.

Dalam pembahasan tersebut kata Dani, disampaikan bahwa semua perangkat daerah harus mengaktifkan kembali website di SKPD masing – masing. Selanjutnya, wajib diisi dengan daftar informasi publik, baik yang wajib diumumkan secara berkala, diumumkan secara serta merta, dan jenis informasi lainnya.

“Tapi ada informasi yang dikecualikan, seperti informasi ketahan keamanan negara, informasi wasiat seseorang dan informasi kekayaan alam,”terang dia.

Dani berharap, setiap perangkat daerah nantinya tidak usah lagi menghindar jika ada pihak ingin mengetahui informasi.

“Tinggal dilihat saja apakah informasi yang diminta itu yang terbuka atau dikecualikan, sesuai dengan Undang-undang KIP, terus Permendagri no 3 tahun 2017 dan peraturan komisi informasi nomor 1 tahun 2017,” katanya.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya sengketa publik terkait KIP. Karena, kata Dani, sengketa publik dapat terjadi ketika ada pemohon meminta informasi yang diajukan, sementara pihak pemerintah merasa keberakatan.

“Jadi memang harus ada rambu-rambu yang dipatuhi. Setiap pemohon informasi pun wajib mengisi formulir, mencantumkan identitas, serta menyampaikan alasanya meminta informasi tersebut,” pungkasnya. (Ricky)