Inilah Bahaya Kolesterol dan Cara Sederhana Untuk Menanggulanginya

Ilustrasi/Net

Kolesterol. Sebuah kata yang menakutkan bagi orang-orang yang mendengarnya. Banyak info-info yang tidak sedap mengenai kolesterol. Namun, apa sebenarnya kolesterol? Apa efek kolesterol yang berlebihan pada darah?

Bagaimana cara menanggulanginya? Tulisan ini akan mengupas tuntas mengenai kolesterol.

Apa itu kolesterol?

Kolesterol merupakan salah satu jenis lemak yang diproduksi oleh sel-sel makhluk hidup. Sebanyak 1 gram kolesterol diproduksi oleh orang dewasa sehat setiap hari. Sisanya didapatkan dari makanan. Kolesterol merupakan salah satu komponen membran sel tubuh. Kolesterol merupakan lemak esensial yang diperlukan dalam pembentukan sel baru. Dengan kata lain, kolesterol merupakan bahan baku dalam pertumbuhan manusia dan regenerasi sel-sel yang rusak.

Berapa kadar kolesterol yang direkomendasikan?

Terdapat beberapa jenis lemak dalam darah yang terdiri dari trigliserida, kolesterol HDL, dan kolesterol LDL. Trigliserida merupakan lemak rantai panjang yang didapatkan dari makanan. Kolesterol HDL merupakan kolesterol ‘baik’ yang membawa kolesterol dari tubuh ke dalam hati. Artinya, semakin tinggi tingkat HDL semakin baik bagi tubuh. Sedangkan LDL adalah kolesterol ‘jahat’ yang membawa kolesterol dari hati ke seluruh tubuh. Kolesterol ini disebut jahat karena distribusi kolesterol dari hati ke seluruh tubuh akan menyebabkan penumpukan.

Kadar trigliserida yang direkomendasikan adalah <150 mg/dL. Kolesterol total direkomendasikan <200 mg/dL. Kolesterol LDL direkomendasikan <130 mg/dL dan kolesterol HDL direkomendasikan >60 mg/dL. Namun, jika terdapat faktor risiko lain seperti penyakit jantung, stroke, atau pembuluh darah lainnya, nilai yang direkomendasikan dapat menjadi lebih rendah.

Apa saja komplikasi yang disebabkan oleh kolesterol tinggi dalam darah?

Komplikasi yang dapat disebabkan oleh kolesterol tinggi dalam darah disebabkan oleh penumpukan kolesterol dalam pembuluh darah. Penumpukan ini dapat menyumbat pembuluh darah di jantung menyebabkan penyakit jantung koroner, di otak menyebabkan stroke, dan di tangan/kaki dapat menyebabkan chronic limb ischemia atau hilangnya pasokan darah ke tangan/kaki. Komplikasi akibat kolesterol tinggi diperparah dengan penyakit lainnya yang diidap sebelumnya.

Bagaimana cara menanggulangi kolesterol tinggi?

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menanggulangi kolesterol tinggi. Jagalah pola makan dengan pola makan seimbang antara karbohidrat, protein, dan lemak. Kurangi makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti daging-dagingan. Kurangi makanan yang diolah dengan cara digoreng.

Perbanyak makan buah dan sayur-sayuran. Perbanyak aktivitas fisik seperti olahraga tiap hari sebanyak minimal 30 menit. Jika diperlukan, konsultasi kepada dokter untuk membantu mengontrol kolesterol dalam darah. Mengontrol kadar kolesterol sedini mungkin merupakan investasi kesehatan untuk masa depan.

Penulis : dr. Jonathan Odilo Dokter Internship RS Hermina Sukabumi