Kebakaran Tak Mengenal Musim, Masyarakat Diimbau Waspada

Kota Sukabumi – BPBD Kota Sukabumi mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap bencana kebakaran meskipun saat ini sudah memasuki musim hujan. Pasalnya kebakaran bisa saja terjadi meskipun rumah dalam kondisi basah.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami mengatakan, kebakaran tidak mengenal waktu dan cuaca, kebakaran bisa terjadi meskipun seusai hujan.

“Kita tidak tahu kapan terjadinya bencana, oleh karena itu saya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada, terlebih dalam memeriksa instalasi listrik, karena awal kebakaran tidak hanya terlihat ditempat terbuka, bisa saja terjadi di atap-atap yang tidak terlihat,” kata Zulkarkain. Senin (2/12/2019).

Hal itu terbukti dengan peristiwa yang terjadi belum lama ini, peristiwa tersebut hampir menghanguskan sebuah rumah milik warga di Perum Gading Kencana, RT 02, RW 09, Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi.

“Peristiwa terjadi tidak lama setelah hujan mengguyur Kota Sukabumi,” ujarnya.

Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa maupun luka-luka, kebakaran bisa segera dipadamkan berkat kesigapan warga setempat. Ketersediaan hydrant cukup membantu sehingga kebakaran hebat tidak terjadi.

“Api bisa dipadamkan warga setempat memanfaatkan alcon (mesin penyedot air) milik ke RW an untuk menyedot air dari hydrant, sehingga api tidak menyala lebih besar,” ujarnya.

Penyebab kebakaran diduga masih diakibatkan oleh penyumbang terbesar kasus kebakaran di Kota Sukabumi, yakni hubungan pendek arus listrik.

“Dalam hal ini kerugian ditafsirkan mencapai Rp 2 juta, namun besar ataupun kecil kerugian kita harus mewaspadai karena dari kecil bisa menjadi besar,” pungkasnya. ***