Keliling Dunia, Bule Jerman Mampir di Sukabumi

Kota Sukabumi– Seorang WNA asal Jerman, Daniel Roesler (35) berkeliling dunia menggunakan sepeda melintasi Jalan R.H Didi Sukardi, Cigodeg, Kota Sukabumi. Sebelum ke Indonesia, Daniel telah melewati sembilan negara diantaranya Nepal, India, Vietnam, Kamboja, Laos, Thailand, Myanmar, Malaysia dan Singapura.

Ia mulai melakukan perjalanan sejak Februari 2018 lalu dan sudah menempuh jarak 13.943km ke 10 negara yang dikunjunginya termasuk Indonesia. Namun baginya Indonesia adalah negara dengan warga yang paling ramah.

“Setelah melakukan perjalanan ke sembilan negara di Asia, baru kali ini saya jumpai penduduk yang paling ramah. Orang Indonesia sebelum berkomunikasi cukup tersenyum, terasa sekali keramahannya,” ujarnya.

Ia melakukan perjalanan ini seorang diri dengan membawa perbekalan lengkap yang digantungkannya di beberapa bagian sepedanya. Selama di Sukabumi, ia menginap di seorang anggota komunitas sepeda Watjana yang diketahuinya melalui warga sekitar.

Setelah menginap semalam, selanjutnya hari ini ia akan melanjutkan perjalanan menuju Bandung hingga ke Bali. Rencananya setelah itu ia akan melanjutkan perjalanan ke Timur Tengah.

“Negara tujuan saya selanjutnya adalah Oman, Iran, Irak dan banyak lagi negara lain di Timur Tengah. Target saya bulan Juli 2019 saya sudah berada kembali di negara saya,” pungkasnya. (Rizky)