Ngeri! Bangunan Eks Pabrik Sepatu di Sukabumi Dikenal Sebagai Gudangnya Mahluk Halus

Bangunan bekas pabrik sepatu Venus di Kota Sukabumi dikenal sebagai tempat angker. (Rizky/Masaginews.com)

Kota Sukabumi – Bukan hal baru bagi warga Kota Sukabumi mengenai kisah menyeramkan mengenai keberadaan sebuah gedung kosong yang berlokasi di Jalan RH Didi Sukardi. Sejak lama gedung tersebut dipercayai sebagai tempat yang sangat angker.

Gedung yang berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 2 Ha itu merupakan bekas bangunan industri yang dikenal sebagai pabrik sepatu Venus. Namun sudah lebih dari 15 tahun tahun terakhir ini pabrik tersebut tidak lagi beroperasi.

Karena terlampau lama dibiarkan kosong, bangunan eks pabrik itu menjadi lebih bernuansa menyeramkan. Terlebih lagi berbagai kisah mengenai aktifitas dan penampakan mahluk halus di sekitar gedung, kian memperkuat kesan angker pada kawasan tersebut. Karena hal itu pula, tidak sedikit warga enggan untuk melintasi daerah eks pabrik Venus, terutama di malam hari.

Sahid, seorang penjaga eks pabrik Venus mengaku kerap mengalami berbagai peristiwa gaib, seperti diantaranya mendengar suara-suara aneh hingga adanya penampakan mahluk yang cukup menyeramkan, bahkan tidak jarang dia sering diperlakukan jahil oleh mahluk halus ketika tengah menjalankan tugas penjagaan.

Namun karena terlampau sering didera kejadian seperti itu, Sahid akhirnya merasa terbiasa. “Suatu malam saya pernah mendengar suara gemuruh mesin diesel yang mendadak menyala dengan sendirinya. Padahal setahu saya, mesin tersebut sudah tidak bisa beroperasi sejak puluhan tahun,” ujar Sahid kepada Masaginews.com.

Meski terbukti angker, namun hingga kini masih ada saja sekelompok orang yang sengaja mendatangi gedung pabrik Venus hanya untuk melihat atau sekedar merasa penasaran dan ingin membuktikan kebenaran cerita seram yang selama ini beredar.

“Sejak dulu sampai sekarang, masih ada saja orang yang sengaja mendatangi gedung itu karna merasa penasaran dan ingin menguji nyali. Tapi nyatanya baru sampai pintu gerbang, tidak sedikit dari mereka langsung mengurungkan niatnya karena tiba-tiba saja merasa ketakutan,” tutur Sahid.

Keangkeran gedung pabrik sepatu ini pun akhirnya memancing tim salah satu televisi swasta nasional untuk menggelar program uji nyali. Hasilnya, tidak ada satu pun peserta yang mampu bertahan lama di sekitar kawasan tersebut.

Hingga kini tempat tersebut masih di juluki sebagai gudangnya makhluk astral oleh warga sekitar maupun pengguna jalan yang sering melintas di jalan dekat pabrik yang sudah tidak terpakai itu. “Dari pada melihat atau diganggu mahluk halus, saya maupun warga lainnya biasanya selalu mengambil jalan memutar dari pada melintasdi depan gedung itu,” ujar Dede Hendrawan (45), warga Kecamatan Citamiang. (Rizky)