NUPTK “dipersulit” Guru Honor Bakal Aksi Segel Kantor Disdik Sukabumi

Irfan Rifaudin
Reporter Sukabumi Utara

Kabupaten Sukabumi – Para Guuru Honor yang menamakan diri Gerakan Selamatkan Pendidikan Nasional (GSPN), berencana akan melakukan aksi dengan menyegel Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi akhir akhir ini. Hal tersebut dipicu lambannya penerbitan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK ) yang dilakukan oleh Disdik kabupaten maupun Propinsi.

Salah seorang guru honor, Ayus up Rianto mengatakan, hal ini merupakan cara-cara kapitalisme pendidikan. Dimana, menurut dia, guru honor dipersulit dalam hal persyaratan mendapatkan hak nya,serta hanya dijadikan kacung pendidikan oleh oknum penguasa di dinas pendidikan.

“Saya dan rekan-rekan guru honor lain mengajukan NUPTK dengan semua persyaratan lengkap, namun sudah lebih dari dua bulan tidak ada ACC dari dinas provinsi,” ucap Ayus.

Berarti, kata dia, hal tersebut akan mempersulit kami untuk mendapatkan hak sebagai tenaga pendidik kedepannya. Pihaknya berharap, pemerintah terkait bisa cepat mengeluarkan atau segera bisa di Acc.

“Kami berharap pemerintah kabupaten atau provinsi agar bisa mengeluarkan secepatnya, dan apabila selama ini tidak dilakukan, kita tidak segan segan akan melakukan aksi akhir akhir ini, di depan Kantor Disdik Kabupaten Sukabumi,” Tandasnya.

Hal senada juga disampaikan guru honor asal Cianjur Lisda. Menurutnya, ada kecurangan dalam hal penerbitan NUPTK. Karena, terang dia, sabagian guru ada yang harus membayar dulu untuk penerbitan NUPTK, padahal secara aturan itu gratis.

“Saya fikir, Disdik bagian kepegawaian baik itu ditingkat kabupaten kota maupun provinsi harus evaluasi diri, dalam hal penerbitan NUPTK. Karena banyak sekali kawan-kawan guru honor yang mengajukan NUPTK dengan persyaratan lengkap sangat lama menunggu penerbitan NUPTK nya,” tandasnya.

Sekedar diketahui, NUPTK merupakan syarat mutlak bagi tenaga pendidik untuk mengurus pengajuan sertifikasi dan lain sebaginya. Apabila seorang guru honor tidak mempunyai NUPTK maka dipastikan tidak bisa mengajukan sertifikasi dikemudian hari. (Ricky)