Puluhan warga Terima Pembayaran Ganti Rugi Jalan Tol Seksi II Di Ciambar

Irfan Rifaudin
Reporter Sukabumi Utara

KABUPATEN SUKABUMI – Puluhan Warga di empat Desa, di Kecamatan Ciambar, menerima pemberian ganti rugi tanah pengadaan Jalan Tol Ciawi – Sukabumi seksi 2 (Cigombong – Cibadak) dalam bentuk uang, di aula Kecamatan Ciambar Kabupaten Sukabumi, Senin (13/05/2019).

Ke empat desa yang menerima uang ganti rugi tersebut, yakni Desa Sunda Wenang, Desa Cibunarjaya, Desa Tenjoayu, dan Desa Ciambar.

Kepala Seksi (Kasie) Pengadaan Dana, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Dwi Septiono menuturkan, proses Pemberian Ganti Kerugian Dalam Bentuk Uang Pengadaan Tanah Jalan Tol Ciawi -Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak, alhamdulillah berjalan dengan aman tidak ada komplen dari pihak mana pun.

“Pembayaran dilakukan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI), Alhamdulillah semua berjalan lancar, tidak ada kendala apapun,” kata Dwi kepada awak media, Senin (13/5/2019).

Terkait jumlah nominal uang yang diterima, kata Dwi, dirinya tak mengetahui persis. “Kalau untuk nominal uang dan jumlah hektar lahan datanya itu ada di ketua pelaksana, saya tidak bisa menjelaskan secara detil takut salah data,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cibunar Jaya, Ujang Suharto mengaku, pihaknya bersama masyarakat Desa Cibunar yang terkena dampak jalan tol cukup antusias. Bahkan, kata dia, dirinya menyambut akan dibangunnya jalan tol dan tidak menuai protes dari pihak manapun. 

“Alhamdulillah masyarakat sangat antusias. Pasalnya, pembangunan jalan tol sama sekali tidak mengganggu aktivitas warga disektor pertanian,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, ada sekitar 200 hektar lahan yang ada di wilayahnya yang sudah dibayar oleh pemerintah untuk pembangunan jalan tol. “Selesai pembayaran tahun 2018. Ya, saya berharap pembangunan jalan tol ini cepat selesai,” pungkasnya. (*)