Anggaran Pembebasan Lahan Pembangunan Bandara Sukabumi Tanggung Jawab Pemrprov Jabar

Kabupaten Sukabumi – Anggaran pembebasan lahan untuk pembangunan Bandara Sukabumi di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Sebab, Kementerian Perhubungan hanya menyiapkan anggaran untuk pembangunan fisiknya saja.

Menhub RI Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemprov Jabar dan saat ini tengah dalam proses pengkajian untuk pengadaan tanah yang lokasinya di Kecamatan Cikembar. Sementara, dari pemerintah pusat sudah menyediakan anggaran sebesar Rp300 miliar hingga Rp400 miliar untuk pembangunan fisiknya.

“Pembebasan lahan ditargetkan selesai pada tahun ini juga dan Pemprov Jabar tengah melakukan kajian untuk menyesuaikan anggaran yang dikeluarkan agar pengadaan lahan untuk pembangunan Bandara Sukabumi seluas 150 hektare ini tidak terkendala,” kata Budi disela kunjungannnya ke Sukabumi, Kamis.

Untuk awal pembangunan fisik ditargetkan mulai tahun depan atau 2019, sehingga pembebasan lahan harus segera diselesaikan tahun ini juga agar targetnya bisa tercapai. Paling telat bandara tersebut bisa dioperasikan sekitar 2022 dan progam ini menjadi yang utama sehingga pembangunannya harus dipercepat.

Selain itu, Pemprov Jabar pun terus melakukan pendataan bahkan Plt Gubernur Jabar M Iriawan pun meninjau langsung lokasi di Kecamatan Cikembar yang nantinya akan digunakan untuk pembangunan bandara ini. Diharapkan proyeksi pembangunan ini didukung oleh semua pihak.

“Dipilihnya Kecamatan Cikembar untuk pembangunan bandara ini karena lokasi sangat strategis karena berada di tengah-tengah dekat dengan Kota Sukabumi dan Palabuhanratu serta jarak ke DKI Jakarta pun tidak terlalu jauh,” ujarnya.

Sementara, Plt Gubernur Jabar M Iriawan mengatakan pihaknya sudah meninjau langsung lokasi yang akan dijadikan tempat pembangunan bandara tersebut. Sesuai kesepakatan untuk pembebasan lahan menjadi tanggungg jawab Pemprov Jabar sementara pembangunan fisiknya menggunakan APBN.

Di sisi lain, setiap pembangunan pastinya ada dampak sosialnya sehingga pihaknya gencar melakukan sosialiasi ke seluruh elemen masyarakat. Sebab adanya bandara ini untuk kepentingan masyarakat Sukabumi agar pertumbuhan ekonominya lebih cepat.

“Ada tim khusus yang sedang bekerja sekarang, seperti menyiapkan syarat perubahan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) agar lahan bisa segera dibebaskan agar targetnya bisa selesai tahun ini juga,” paparnya. (Adam Sugiarto/*)