Anti Mainstream, HUT Pramuka Diperingati Dengan Kemah di Persawahan

Kabupaten Sukabumi – Unik dan anti mainstream, begitulah sekiranya yang dapat digambarkan dari perayaan HUT Pramuka ke 58 yang dilaksanakan oleh Kwartir Ranting Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Jika umumnya perkemahan diadakan di lapang terbuka, kini justru lokasi yang digunakan adalah area persawahan.

Menurut Ketua Kwarran Palabuhanratu, Juhan mengatakan pihaknya baru pertama kali melakukan kegiatan perkemahan di area persawahan seperti ini. “Sebelumnya kami juga sudah melakukan survey ke beberapa lokasi yang kebanyakan adalah lapang terbuka. Tapi karena berbagai pertimbangan akhirnya kami memilih lokasi ini,” jelasnya kepada Masaginews.com, Rabu (14/08).

Sekitar lima hektar sawah milik warga digunakan sebagai lahan untuk kegiatan perkemahan. Lokasi ini sengaja dipilih mengingat jaraknya yang jauh dari laut dan sumber airnya juga memadai untuk kebutuhan peserta kemah.

Lebih dari seribu peserta kemah yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari pelajar berbagai tingkatan yakni SD, SMP dan SMA. Peserta Siaga dari pelajar SD sebanyak 36 orang, sedangkan peserta Penggalang sebanyak 920 orang yang terdiri dari 115 regu dan peserta Penegak sebanyak 120 orang yang terdiri dari 15 sangga.

Sementara itu, para peserta kemah nampak sangat antusias mengikuti perkemahan yang pertama kalinya dilakukan di area persawahan ini. Adalah Cinta Alkhaira (11), salah seorang peserta kemah yang mengaku menikmati sensasi hidup seperti petani.

“Ini pengalaman pertama kalinya saya ikut kemah di persawahan, seru juga karena merasakan hidup seperti petani. Hanya saja kalau tidur lumayan badannya agak sakit karena tanahnya tidak rata dan sangat kering,” paparnya. (M. Rizal Jalaludin)