Antisipasi Lonjakan Pemudik, Terminal Tipe A Kota Sukabumi Sediakan Bus Cadangan

Kota Sukabumi – Terminal Tipe A KH. Ahmad Sanusi Kota Sukabumi, menyiagakan bus cadangan khusus untuk trayek Jawa Tengah dan Jawa Timur. Hal itu dilakukan guna mengansisipasi lonjakan penumpang pada musim mudik Idul Fitri 1440 Hijriyah mendatang.

“Kemungkinan tahun ini akan terjadi lonjakan jumlah penumpang ke arah Jawa seperti tahun lalu. Mengantisipasi halitu, kita menyiapkan bus cadangan,” kata Kepala Terminal Tipe A Kota Sukabumi, Yukky Rahmat Yunus.

Kata Yukky, hingga saat ini, frekuensi bus yang keluar masuk terminal tipe A masih normal, sekitar 250 unit perhari. Sementara, untuk lonjakan penumpang menjelang hari Raya Idul Fitri, menurutnya itu sering terjadi menjelang H-5 sebelum lebaran.

“Kami memprediksi, lonjakan penumpang akan terjadi pada H-5 dan H+5 Idul Fitri. Tahun lalu kenaikan jumlah penumpang sekitar 0,5 persen, kami kira tahun ini pun kira-kira kenaikannya sebanyak itu,” ujarnya

Yukky mambahkan, untuk para pemudik yang akan menggunakan bus di terminal tipe A Sukabumi, tidak perlu khawatir karena armada bus yang masuk dan keluar selalu di lakukan ramp check atau uji kelaikan.

Maka dari itu, tegasYukky, dengan adanya uji tersebut, pihaknya bisa menjamin kenyamanan dan keamanan bus yang akan melayani penumpang.

“Kami utamakan pemeriksaan pada surat uji kir, SIM pengemudi, dan STNK. Tidak ada bus yang berangkat dari sini tidak memiliki surat kir karena semua kendaraan telah melewati ramp check,” Pungkasnya (*)