Begini Cara Tingkatkan Kapasitas Anggota Linmas Tangani Bencana di Sukabumi

Kabupaten Sukabumi – Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Kabupaten Sukabumi, mendapat ‘nutrisi’ baru dalam peningkatan kapasitas melalui peran dan fungsinya ditengah masyarakat untuk proses penanganan bencana.

Kepala Seksi Pemberdayaan dan Perlindungan Masyarakat Satpol PP Kabupaten Sukabumi Okih Pajri mengatakan, sebagai wilayah yang rentan kejadian bencana alam, pihaknya terus berupaya menambah motivasi dan pengetahuan melalui bimbingan teknis (Bimtek) anggotanya.

“Bimtek ini menambah pengetahuan penanganan bencana meliputi pra, saat dan pascakejadian bencana alam,” tuturnya di sela-sela kegiatan pemberdayaan dan peningkatan kapasitas Satlinmas dalam penanganan dampak psikologis pascabencana di Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi.

Menurutnya, selama ini peran anggota Linmas dalam membantu penanganan korban belum optimal. Namum setelah mengikuti bimtek ini, dia yakin anggotanya akan lebih memahami dengan pembekalan search and rescue (Sar) seperti menggunakan flying fox dalam mengevakuasi korban di ketinggian atau area sulit dijangkau .

“Nantinya, para anggota akan jadi ujung tombak dalam penanganan bencana karena mereka sudah dibekali cara deteksi dini, evakuasi korban dilokasi yang sulit sekalipun dan membawa korban ke lokasi yang aman,” ujar Ketua Sar Daerah Kabupaten Sukabumi itu. Rabu (27/11/2019).

Dalam penanganan pasca kejadian, anggota trampil dalam penanganan rehabilitasi dan renovasi infrastruktur pemukiman serta teknik pemulihan psikologis korban.

“Menghadirkan dua narasumber yang berkopeten, anggota mahir dalam penanganan rehab, renov dan trauma healing, teknik pemulihan dan konseling,” ujarnya.

Kegiatan pemberdayaan dan peningkatan kapasitas Satlinmas dalam penanganan dampak psikologis pasca bencana tahap dua ini digelar selama tiga hari tanggal 26-28 November 2019, di suatu hotel berbukit di Kecamatan Nagrak.

Di ikuti 30 peserta, dengan menghadirkan narasumber Dedy Suryadi dari BKPSDM Kabupaten Sukabumi dan Psikolog Rita Rahayu dari Stikes Sukabumi.

Sebelumnya kegiatan serupa juga digelar tahap satu beberapa waktu lalu. “Baru 60 anggota yang ikut pelatihan dari 135 anggota Satlinmas yang tersebar di Kabupaten ini, sisanya diprogramkan pada tahun depan,” papar Okih. (Ricky)