Belajar dari Vietnam, Nelayan Sukabumi Akan Dibekali Keterampilan Penangkaran Benur

Kabupaten Sukabumi – Selain akan melanjutkan pembangunan dermaga Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) di Desa Cikahuripan, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Menko Bidang Kemaritiman RI, Luhut Binsar Pandjaitan juga akan membangun tempat penangkaran benur dan kepiting di Sukabumi.

Hal ini dikatakannya dalam sambutan acara temu wicara bersama nelayan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Dengan membangun tempat penangkaran tersebut, ia berharap nelayan memiliki keterampilan agar tidak ada lagi kasus penyelundupan benur.

“Kedepannya kita ingin ada tempat penangkaran, agar tidak mengambil benur dari laut saja karena peraturan tetap ditegakkan. Nanti kita akan berikan pelatihan dengan mendatangkan ahli dari Vietnam atau mengirim nelayan kesana untuk belajar,” jelasnya.

Lanjutnya, untuk pelatihan nelayan dalam penangkaran benur dan kepiting ini pihaknya memilih negara Vietnam yang dinilai sudah memiliki teknologi maju dalam hal tersebut.

“Harapannya para nelayan di Sukabumi ini nantinya mempunyai keterampilan serupa seperti yang ada di Vietnam. Sehingga penangkaran benur dan kepiting harus dibuat disini, dibudidayakan disini, setelah besar baru dijual. Itu yang benar,” imbuhnya.

Reporter: M. Rizal Jalaludin
Editor: Ari Wahyuni