Belasan Tahun Dibiarkan Rusak, Warga Cikakak Harapkan Perbaikan Infrastruktur

Kabupaten Sukabumi – Belasan tahun infrastruktur Pemda yang berada di Kampung Marinjung, Desa Margalaksana, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi dibiarkan dalam kondisi rusak parah.

Diperkirakan sepanjang tiga kilometer, jalan rusak tersebut dipenuhi dengan bebatuan terjal yang membahayakan pengendara yang melintas terlebih saat musim hujan.

Wawan (60), salah seorang warga setempat mengaku kondisi jalan rusak tersebut belum pernah tersentuh perbaikan sejak tahun 2000.

Saking kesalnya dengan kondisi tersebut, ia dan keempat orang rekannya yang lain berinisiatif untuk melakukan penambalan jalan yang berlubang dengan alat seadanya.

“Kami bekerja atas inisiatif saja karena bosan dengan kondisi jalan yang rusak. Tidak ada pihak yang menggaji, namun sesekali ada pengendara yang melintas memberi uang sukarela,” jelasnya.

Saat musim hujan sudah dipastikan kendaraan yang melintas mengalami kesulitan melalui jalan ini. Sebab selain menanjak, kontur jalannya pun terjal dan licin hingga sangat membahayakan pengendara.

“Bahkan biasanya pengendara yang melintasi jalan ini kerap menginap dan kembali melanjutkan perjalanan setelah jalanan kering dan aman dilalui,” imbuhnya.

Selanjutnya pihaknya berharap agar pemerintah setempat bisa segera memperbaiki kondisi jalan tersebut hingga aman dan nyaman kembali dilalui warga.

Sementara itu, Camat Cikakak, Yanti Budiningsih mengatakan pihaknya akan menunggu laporan dari Kades untuk kemudian diteruskan ke dinas terkait.

“Nanti saya tanyakan dulu ke Kades tentang kondisi kampung tersebut, kalau sudah ada laporan akan kita tindaklanjuti,” jawabnya melalui aplikasi pesan singkat.

Reporter: M. Rizal Jalaludin
Editor: Ari Wahyuni