Bersumber APBD Pemprov, Mudik Gratis Menghemat Ongkos Perjalanan

Kota Sukabumi – Program Mudik gratis yang rutin dilaksanakan H-7 jelang Hari Raya Idul Fitri oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat sejak 2014 lalu selalu menarik antusias masyarakat Sukabumi.

Masyarakat perantauan yang berasal dari Jawa Tengah seperti Solo, Semarang dan Yogyakarta memanfaatkan kesempatan ini untuk menghemat ongkos perjalanan.

Tuni (64) misalnya, warga asal Kabupaten Sukoharjo ini mengaku sering memanfaatkan kesempatan mudik gratis ini sebab biasanya semakin mendekati hari H Idul Fitri, harga tiket bus maupun kereta api naik hingga tiga kali lipat.

“Sudah dua kali ikut program mudik gratis ini. Aman dan nyaman karena fasilitasnya sama dengan kendaraan umum biasa. Perbedaannya pemberhentian terakhirnya sampai terminal Solo, tidak sampai ke Sukoharjo,” ujarnya.

Dalam program mudik gratis ini ada tiga rute yakni Yogyakarta (via utara), Yogyakarta (via selatan) dan Solo (via Semarang). Tak hanya di Sukabumi, program mudik gratis ini juga berlaku di Bekasi, Bogor dan Bandung yang pendaftarannya melalui kantor Dishub masing-masing wilayah.

Sementara itu, Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Dishub Kota Sukabumi, Imran Wardhani mengatakan sumber dana dari kegiatan ini adalah dari APBD Provinsi Jawa Barat.

“Besaran dananya saya kurang tahu, kami hanya diberi jatah bantuan 15 unit bus untuk di Sukabumi. Sedangkan untuk arus baliknya Dishub Jateng mungkin ada programnya tapi kami kurang tahu,” jelasnya saat dihubungi melalui aplikasi pesan singkat. (*)