Cisaat Jadi Wilayah Paling Dominan Kasus HIV/AIDS di Sukabumi

Kabupaten Sukabumi – Kecamatan Cisaat menjadi wilayah yang paling mendominasi adanya kasus penderita HIV/AIDS dengan jumlah penderita terbanyak selama tahun 2004 hingga 2017 diantara 49 kecamatan lain di Kabupaten Sukabumi.

Kepala Seksi P2PM Dinkes Kabupaten Sukabumi, Dwi Asmarajaya menyebutkan dari kurun waktu tersebut Kecamatan Cisaat mendominasi jumlahnya hingga mencapai 84 kasus, disusul kemudian oleh Kecamatan Sukabumi dengan 48 kasus dan Kecamatan Cicurug 45 kasus.

Selanjutnya secara rinci pihaknya menjelaskan selama di tahun 2017 kasus HIV/AIDS di Kabupaten Sukabumi mencapai 172 kasus. Lalu di tahun 2018 mengalami penurunan hingga hanya terdapat 99 kasus, yakni 50 kasus AIDS dan 49 kasus HIV.

“Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, penurunan jumlah kasus ini terjadi pada tahun 2018 dari Januari hingga September. Dari jumlah tersebut, penderita didominasi usia produktif dari 20 hingga 49 tahun,” paparnya.

Berdasarkan temuan di tahun 2018 kasus infeksi baru HIV AIDS didominasi dari kalangan kaum homoseksual (gay), selain itu berasal dari penyakit penyerta yang sering menimbulkan HIV AIDS yaitu TBC.

Sedangkan selama tahun 2019 ini pihaknya baru menemukan 9 kasus diantaranya 7 temuan HIV dan 2 temuan AIDS. Untuk penanganannya, ODHA harus rutin mengkonsumsi rejimen anti-retrovial (ARV) yang secara drastis dapat memperlambat parahnya penyakit dan bisa mencegah infeksi sekunder serta komplikasi.

Reporter: M. Rizal Jalaludin
Editor: Ari Wahyuni