Di Cikidang Sukabumi, Ratusan Remaja Mulai Jalani Pencoblosan

Kabupaten Sukabumi – Ratusan remaja di Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Sabtu pagi (2/3/2019), mendatangi tempat pemungutan suara. Mereka berkerumun untuk melakukan pencoblosan pada pesta demokrasi satu tahunan.

Ratusan remaja itu seluruhnya merupakan pelajar SMP PGRI II Cikidang. Kedatangannya ke tempat pemungutan suara itu tidak berkaitan dengan agenda politik Pileg maupun Pilpres 2019.

Tetapi mereka akan menggunakan hak pilihnya guna menentukan calon Ketua Organisasi Siswa intra Sekolah (OSIS) di lingkungan sekolahnya untuk priode satu tahun kedepan.

Berdasarkan pantauan, pemilihan calon ketua osis ini dilaksanakan dengan menggunakan mekanisme serta logistik yang nyaris menyerupai pelaksanaan pemungutan suara pemilu. Seperti diantaranya tiga unit bilik suara yang terbuat dari kardus.

Ayus Up Rianto (31), salah seorang guru SMP PGRI II Cikidang menerangkan pemilihan calon ketua Osis prode 2019-2020 ini diikuti oleh sedikitnya 200 orang siswa dan siswi.

“Ini adalah miniatur dari demokrasi untuk kalangan pelajar. Dengan kegiatan ini diharapkan para siswa belajar berdemokrasi, terutama dalam memilih pemimpinnya secara langsung,”ungkap Ayus.

Momen ini bertepatan dengan tahun politik sehingga dijadikan sebagai pembelajaran bagi para siswa untuk berdemokerasi. Terpenting lagi membiasakan siswa untuk tidak mengambil keputusan golput.

Reporter : Irfan Rifaudin
Editor      : T kamajaya