Diduga Cemari Sungai Cimahi, DLH Tinjau Proses Pembuangan Limbah PT. DGS Cibadak

Kabupaten Sukabumi – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi datangi PT. Daehan Global Sukabumi (DGS) yang berada di Kampung Selaawi, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi pada Jumat (15/03) siang untuk meninjau dan mengidentifikasi limbah pabriknya.

Dalam pantauan Masaginews.com, yang menjadi target peninjauan DLH kali ini adalah proses pembuangan limbah, sejumlah mesin yang digunakan dan kolam pembuangan limbah.

Kasi Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa Lingkungan DLH Kabupaten Sukabumi, Yudistira mengatakan kedatangannya kali ini adalah untuk mengusut tuntas kasus limbah yang diduga dihasilkan PT. DGS yang mencemari Sungai Cimahi.

“Kedatangan kami kali ini untuk memeriksa apakah limbah yang mencemari Sungai Cimahi berasal dari pembuangan limbah garment PT DGS, kami juga didampingi oleh Pak Agus Supriadi Kasi Pengendalian Kerusakan Lingkungan untuk mengambil sampel limbahnya untuk diuji lab,” jelasnya.

Sementara itu, HRD PT. DGS, Abdul Haris mengaku pihaknya siap menerima kedatangan DLH untuk melakukan pengecekan proses pembuangan limbah di perusahaannya.

“Perusahaan kami telah mengantongi izin yang sudah dibuat dan selama ini pun selalu berkoordinasi dengan pemerintah terkait keberadaan kolam dan alat pengelola limbahnya,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya Sungai Cimahi yang berada di Cibadak, Kabupaten Sukabumi mengeluarkan buih dan bau menyengat hingga membuat beberapa ikan mati mendadak. Hal tersebut diduga karena air sungai tercemari oleh limbah pabrik.

Reporter: Irfan Rifaudin
Editor: Ari Wahyuni