Diterima PPSC Nyalindung, Kukang Jawa Jantan Ini Dalam Kondisi Stress

Kota Sukabumi – Seekor Kukang Jawa Nycticebus Javaniscus yang sebelumnya diperoleh dari warga diserahkan PMI Kabupaten Sukabumi ke Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga (PPSC) di Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi pada Minggu (03/03).

Penyerahan Kukang Jawa berjenis kelamin jantan ini langsung disambut oleh pegiat satwa liar dari Belanda dan dokter hewan di PPSC Nyalindung dalam kondisi memprihatinkan.

Dokter hewan PPSC, drh Wahyu Handriyana menyebutkan kukang tersebut sedang dalam kondisi stress hingga membuat berat badannya sangat kurus.

“Dari giginya, Kukang ini hasil tangkapan dan langsung dipelihara oleh warga. Sepertinya Kukang ini terlepas dan kabur hingga akhirnya ditemukan di pesawahan warga,” paparnya.

Namun disamping itu, Ketua PMI Kabupaten Sukabumi, dr. Hondo Suwito bersyukur masih ada warga yang peduli dengan konservasi satwa liar.

PPSC yang memiliki kepedulian tinggi terhadap satwa liar ini pun tak henti-hentinya menghimbau agar menjaga kepunahan alam dan satwanya.

“Saat ini PPSC memiliki 22 Primata Jenis Kukang, diantaranya 17 Kukang Sumatera dan 5 Kukang Jawa. Dari 5 satwa dilindungi yang sempat diterima sukarela oleh PMI Kabupaten Sukabumi, 2 diantaranya sudah dilepas liarkan, berjenis Kukang Jawa,” jelasnya.

Bertepatan dengan peringatan Hari Satwa Liar Internasional pihaknya berharap agar kukang tersebut segera pulih dan bisa kembali ke habitat aslinya.

Reporter: M. Rizky
Redaktur: Ari Wahyuni