DLH: Buih Sungai Cimahi, Belum Tentu Dari Limbah Pabrik

Kabupaten Sukabumi – Menyoal kasus pencemaran air Sungai Cimahi yang menyebabkan munculnya buih dan bau menyengat akhirnya mendapatkan respon dari pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi.

Kabid Pengendalian, Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DLH Kabupaten Sukabumi, Suhebot Ginting mengatakan penyebab berbusanya air sungai Cimahi bisa dari berbagai faktor.

“Penyebab air berbuih itu banyak, terutama dari deterjen atau bisa juga karena memang faktor alami air sungainya. Kita akan pantau penyebab dan sumbernya,” jelasnya melalui aplikasi pesan singkat.

Selama ini pihaknya mengaku telah melakukan pemantauan secara reguler terutama di sungai-sungai pantauan DLH di wilayah Sukabumi selatan seperti sungai Cicatih dan Cimandiri.

“Semua sumber air sungai akan bermuara ke laut wilayah selatan Palabuhanratu, kita akan pantau terus apakah sungai tersebut terjadi pencemaran atau tidak,” paparnya.

Untuk mengetahui apakah benar air sungai tersebut tercemari oleh limbah pabrik, pihaknya perlu melakukan pengecekan bahan-bahan yang digunakan dalam industri garment tersebut.

Reporter: M. Rizal Jalaludin
Editor: Ari Wahyuni