Drainase di Kabupaten Sukabumi Bermasalah, Sebabkan Air Meluap Ke Badan Jalan

Kabupaten Sukabumi – Kerusakan drainase yang berada di beberapa titik lokasi di Kabupaten Sukabumi dikeluhkan masyarakat. Pasalnya memasuki musim hujan seperti ini, drainase yang jebol membuat air meluber hingga menggenangi badan jalan dan mengganggu aktivitas masyarakat.

Seperti drainase yang berada di Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi yang jebol sejak setahun lalu. Tumpukan sampah dan tanah menyumbat aliran air hingga mengakibatkan banjir.

Jono Sarjono (37), warga sekitar mengaku kesal lantaran kondisi seperti ini sudah dibiarkan terjadi selama setahun lebih. “Penumpukan sampah yang tidak diperhatikan pemerintah hingga menyumbat saluran air dan membuat banjir di jalan raya. Kondisi ini terjadi setahun lebih sejak drainasenya rusak,” paparnya.

Sementara itu kondisi serupa juga terjadi di Jalan Raya Cisolok-Palabuhanratu tepatnya di Desa Karangpapak, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Kondisi jalan terendam banjir akibat air hujan yang meluap dari drainase yang tak mampu menampung debit air yang tinggi.

Mulyana (40), warga setempat mengaku kondisi seperti ini memang kerap terjadi saat musim hujan karena drainasenya hanya memiliki ketinggian sekitar 60 cm.

Sementara itu Kepala Seksi Perencanaan Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi, Maman Darman mengatakan tidak mempunyai kewenangan karena status jalan di Cibadak tersebut adalah jalan provinsi, sedangkan jalan di Cisolok merupakan jalan nasional.

“Kami tidak berkewenangan dalam hal ini, tapi kami sudah sampaikan keluhannya mengenai kondisi jalan tersebut ke pihak yang bersangkutan. Kami akan bantu untuk mendesaknya agar segera diperbaiki,” tandasnya.

Reporter: Irfan Rifaudin/ M. Rizal Jalaludin
Editor: Ari Wahyuni