Dua Ekor Kukang Kembali Ditemukan Warga di Cisaat Sukabumi

M Rizky
Reporter Kota Sukabumi

Kota Sukabumi – Dua ekor kukang (Nycticebus Coucang) diserahkan ke PMI Kota Sukabumi pada Senin (25/03) oleh pelajar SMK yang menemukannya di areal persawahan di Desa Mangkalaya, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Rionaldi (18) salah seorang pelajar yang menemukannya mengaku sudah sejak sebulan lalu ia menemukan kukang itu, namun kebingungan untuk menyerahkannya pada siapa.

“Sebulan yang lalu saya temukan hewan ini terjatuh dari pepohonan. Tapi saat itu saya tidak tahu harus menyerahkannya ke siapa, namun kemudian ada informasi bahwa PMI menerima hewan yang dilindungi akhirnya saya serahkan saja,” paparnya.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Sukabumi, Suranto Sumaryono mengapresiasi tindakan pelajar tersebut yang sudah turut melindungi kukang ini dengan menyerahkannya ke PMI Kota Sukabumi.

“Kami mengapresiasi tindakannya karena merupakan salah satu pembuktian adanya kesadaran di kalangan masyarakat tentang hewan yang dilindungi,” ujarnya.

Berdasarkan UU Nomor 5/1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem, Kukang merupakan hewan yang dilindungi yang kini populasinya terancam mulai punah.

Selanjutnya pihak PMI Kota Sukabumi akan langsung menyerahkan kukang tersebut ke Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga (PPSC) di Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi agar direhabilitasi sebelum dilepasliarkan ke habitatnya.

“Kami akan serahkan kukang ini ke PPSC karena keduanya terlihat dalam kondisi yang lemas dan stress. Kami juga akan mensosialisasikan hal ini agar masyarakat semakin sadar dengan menyerahkan satwa-satwa langka ini,” pungkasnya. (Ari)