Empat Bulan Dilanda Kekeringan, Warga Cisolok Harapkan Bantuan Rutin

Kabupaten Sukabumi – Musim kemarau membuat beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi dilanda kekeringan. Bahkan hingga kini warga Kampung Puro Jati RT 02 RW 11, Desa Cikahuripan, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi masih kesulitan mendapatkan pasokan air bersih untuk keperluannya sehari-hari.

Sudah sekitar empat bulan lamanya warga setempat mengantri untuk mendapatkan air bersih dari sebuah sumber mata air yang jaraknya sekitar empat kilometer. Itupun sumber airnya hanya mengalirkan debit air yang sangat kecil, tentu saja hal ini sangat menyulitkan warga.

Rica (25) warga setempat mengaku selama satu hari penuh dirinya pulang pergi mengantri air untuk kebutuhan mandi, cuci dan kakus. Namun karena sumber airnya sangat kecil dan banyak warga yang mengantri, ia hanya bisa mendapatkan satu ember air saja.

“Airnya sangat kecil, jadi saya hanya bisa mendapatkan satu ember air ukuran bekas cat tembok yang besar. Mau tidak mau seharian harus cukup airnya,” jelasnya kepada Masaginews.com, Rabu (21/08).

Ia juga menambahkan dengan jatah air yang terbatas perharinya, setiap mandi ia hanya menggunakan sekitar empat hingga lima liter air saja. Hal ini telah dialaminya selama empat bulan.

Sementara itu dihubungi di tempat terpisah, Ketua RW 11, Fahrudin membenarkan adanya 94 kepala keluarga di wilayahnya yang terdampak kekeringan hingga kesulitan air bersih.

Sedangkan selama empat bulan ini, pihaknya mengaku hanya satu kali mendapatkan bantuan air bersih melalui Perumdam Tirta Jaya Mandiri Kabupaten Sukabumi. “Sudah empat bulan ini kami kesulitan air bersih. Tentu saja kami berharap ada bantuan air bersih lagi untuk kami, kalau bisa secara rutin,” pungkasnya. (M. Rizal Jalaludin)