Gagal Dimediasi, Ratusan Warga Cidahu Besok Akan Lakukan Ini

Kabupaten Sukabumi – Unjuk rasa ratusan warga di halaman perusahaan Cipta Dwi Busana (CDB) di Jalan Raya Cidahu, Desa Pondokaso Tonggoh, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi dilanjutkan mediasi. Dalam forum ini warga difasilitasi pemerintah kecamatan setempat.

Tampak beberapa perwakilan warga menghadiri mediasi yang digelar di kantor Kecamatan Cidahu itu, warga tetap menuntut official manager HRD PT. CDB berinisial MT segera diberhentikan oleh manajemen CDB.

Warga menilai MT tidak kooperatif dan juga tidak bisa menjalin komunikasi yang baik dengan warga serta mempersulit warga setempat yang melamar pekerjaan.

“Itu tuntutan yang pertama, tuntutan kedua, MT agar meminta maaf secara langsung kepada perwakilan warga sekitar atas perilaku yg kurang baik selama ini. Ketiga, berjanji dan siap untuk merubah sikap dan perilaku yang kurang baik,” kata Ketua Karang Taruna Desa Pondokaso Tonggoh, Rahmat Sofyan kepada wartawan.

Atas nama warga, Rahmat pun mendesak agar yang bersangkutan mengunjungi kantor Desa Pondokkaso Tonggoh dan bertemu dengan perwakilan warga untuk menjalin komunikasi secara harmonis.

“Semua tuntutan itu belum dijawab oleh yang bersangkutan sehingga mediasi ini buntu,” tandasnya.

Sementara itu, Camat Cidahu Ading Ismail mengungkapkan, tidak semua tuntutan warga dikabulkan. Ada beberapa hal yang tidak dikabulkan. Namun kata Ading, pihak perusahaan berjaanji akan berkoordinasi dengan pemerintah desa dan warga dalam penerimaan pekerja.

“Mengenai tuntutan warga untuk segera mengentikan MT, pihak perusahaan tidak bisa memastikan karena pihak perusahaan mempunyai mekanisme secara internal,” papar Ading yang ditemui secara terpisah.

Secara serentak perwakilan warga tetap menolak hasil mediasi. Sehingga warga besok pagi akan menggelar aksi lanjutan dengan jumlah massa yang lebih banyak, hingga semua tuntutannya dikabulkan.

Reporter: Irfan Rifaudin
Redaktur: Agung Sugiharto