Hindari Kemacetan Pengendara Sepeda Motor Manfaatkan Jalan Tikus

Irfan Rifaudin
Reporter Sukabumi Utara

Kabupaten Sukabumi – Bagi pengendara sepeda motor, jalan tikus atau jalan tembus merupakan alternatif yang kerap dipilih, ketika jalan utama sedang macet. Pengendara biasanya mengikuti pemotor di depannya.

Seperti sejumlah pengendara motor yang hendak terjebak kemacetan di jalur Nasional Sukabumi-Bogor, terpaksa harus menerobos jalan perkampungan atau jalan tikus yang berada di Kampung Pamuruyan, Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi.

Melalui pantauan dilokasi, ratusan motor mengalami antrian di jalan desa yang berbatasan dengan Jalan Nasional, tepatnya di RT 02/09 Pamuruyan. pengendara masuk gang hingga keluar gang melewati perkampungan dengan jarak sekitar 300 meter.

Akibatnya, terjadi keramaian pemotor yang melewati jalan kampung ini. Bahkan, keramaian tersebut terjadi sejak memasuki libur lebaran 1440 H hingga saat ini.

Salah seorang pengendara motor, Reza (25) yang hendak melewati jalan tikus mengatakan, dengan masuk lewat jalan tikus, dirinya merasa di untungkan. Karena perjalan bisa cepat ke tujuan.

“Kalau maksain lewat jalan yang macet, mau kapan sampainya. Makanya lewat jalan tikus, jadi lebih cepat,” ujarnya.

Sementara, Ivan warga Kampung Pamuruyan mengaku, sedikit terganggu dengan suara pemotor yang lewat perkampungan. Namun, hal tersebut menjadi kewajaran, lantaran kejadiannya jalan raya tengah macet.

“Para pemotor ini masuk ke perkampungan terjadi sejak libur lebaran kemarin. Kalau di bilang ke ganggu, ya lumayanlah kegangu, karena kan suara motor beda beda, ada yang bising banget ada yang engga. Tapi mau gimana lagi, kejadiannya setahun sekali,” kata warga sekitar, Ivan kepada Masaginews.com di lokasi. (Ricky)