HUT Bayangkara ke 74, Pemohon Lahir di Tanggal 1 Gartis SIM

Kabupaten Sukabumi – Puluhan masayarakat pemohon Surat Ijin Mengemudi (SIM) merasa senang dengan mendapatkan SIM secara cuma-cuma alias gratis. Hal itu bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) ke-74 Bhayangkara.

SIM tersebut diberikan untuk warga yang berulang tahun tepat pada HUT Bhayangkara, yakni 1 Juli. Dalam pembuatan SIM gratis, masyarakat tidak perlu membayar biaya pembuatan SIM atau Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) karena Polres Sukabumi bekerja sama dengan Bank BRI.

Adapun PNBP untuk pembuatan SIM baru antara lain SIM A Rp 120.000 dan SIM C Rp 100.000. Sementara PNBP untuk perpanjangan SIM adalah SIM A Rp 80.000 dan SIM C Rp 75.000. Dan khusus pada Hari Bhayangkara, PNBP tersebut tidak dibebankan kepada warga yang lahir pada 1 Juli.

Seperti yang dialami salah seorang pemohon, Restu Singgih (17) warga Kampung Pasir Manggah, RT 02/08, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Dia mengaku, mendapatkan SIM gratis ini sebagai hadiah ulang tahun dirinya yang bertapatan dengan HUT Bayangkara.

“Alhamdulillah saya senang, SIM C ini adalah hadiah ulang tahun saya,” ujar Restu yang lahir pada 1 Juli tersebut.

Selain Restu, kebahagiaan mendapatkan SIM gratis juga dialami Alo Herman (48) warga Kampung Kaum Raua RT 01/16, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Kebahagian Alo berbeda denganbyang lain, dirinya mendapatkan SIM gratis dua sekaligus, yakni SIM C dan A.

“Terima kasih untuk Polri atas hadiah nya, dan saya bangga dengan lahir tepat di HUT Bayangkara,” tuturnya.

Kasat Lantas Polres Sukabumi, Iptu Riki Fahmi Mubarok, S.I.K menjelaskan, SIM tersebut diberikan kepada pemohon yang tanggal lahirnya pada tanggal 1 Juli atau bertepatan dengan HUT Bayangkara, yang didanai oleh Bank BRI sebagai sponsor.

Pembuatan SIM ini lanjut sia, hanya untuk SIM A dan SIM C dengan syarat membawa e-KTP asli dan fotokopi, lulus tes kesehatan, lulus ujian teori dan praktik serta membawa SIM asli untuk proses perpanjangan.

“Sampai saat ini, jumlah warga yang sudah mendapatkan SIM gratis sebanyak 4 orang untuk SIM baru, dan 10 orang untuk perpanjangan,” ujarnya. ***