Ini Imbauan Dinkes Sukabumi Soal Virus Corona

Kabupaten Sukabumi – Mengantisipasi penyebaran virus corona yang konon sudah masuk ke wilayah Jawa Barat, Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi mengimbau kepada masyakat untuk tidak panik.

Kepala Dinas Keshatan Kabupaten Sukabumi, Harun Alrasyid mengatakan, bahwa virus tersebut sudah masuk ke wilayah Jabar dan sedang dalam penanganan RS Hasan Sadikin. Meski begitu, pihaknya meminta masyarakat agar melakukan kebiasaan hidup dengan gerakan masyarakat hidup sehat dengan program cerdik.

“Yang paling pokok gejala Corona ini kan tidak terlalu jauh dari pada penyakit yang masuk kepada infeksi saluran pernapasan akut atau atas, sama saja seperti penyakit filek, flu cuman memang kapasitas yang lain nya di iringi sesak napas yang luar biasa dan yang paling pokok untuk imbauan kepada masyarakat, berprilaku hidup bersih dan sehat,” ujarnya. Rabu (29/1/2020).

Harun juga menimbau, ketika berhubungan dengan masyarakat yang sedang mengalami sakit flu atau filek ataupun batuk, untuk selalu memakai alat pelindung masker, tidak sembarangan meludah hal itu salah satu kedalam kategori berprilaku hidup bersih dan sehat dan harus dilakukan dengan baik.

“Lakukan apa yang sudah menjadi arahan dan imbauan dari Dinas Kesehatan. Prilaku ini bisa mencegah dari segala apapun tidak hanya Corona, baik itu penyakit tidak menular maupun yang menular,” jelasnya.

Sejauh ini, kata Harun, pihaknya tidak melakukan persiapan secara khusus mengenai virus Corona, karena menurutnya sifat penyakit datang nya dari luar, namun bukan berarti Dinkes tidak melakukan persiapan.

“Persiapan yang kita laksanakan itu kan tidak harus dengan persiapan yang luar biasa. Cukup lakukan upaya prefentiv dan promotif. Alhamdulillah sampai saat ini di Kabupaten Sukabumi belum ada yang terkena atau gejala virus Corona,” pungkasnya. ***