Lagi, Relawan PMI Sukabumi Selamatkan Satwa Langka

Kabupaten Sukabumi – Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Kabupaten Sukabumi kembali melakukan penyelamatan terhadap satwa langka yang dilindungi.

Kali ini penyelamatan ditujukan terhadap seekor Kukang atau Nycticebus Coucang yang ditemukan seorang warga di areal persawahan di Desa Mangkalaya, Kecamatan Cisaat.

““Ini adalah hasil penyerahan secara sukarela dari seorang warga yang tidak sengaja telah menemukannya di area persawahan,” ujar Ketua PMI Kabupaten Sukabumi, Hondo Suwito.

Lebih lanjut Hondo mengatakan untuk upaya penyelamatan selanjnutnya, kelembagaannya telah melakukan koordinasi dengan Pusat Penyelamatan satwa Cikananga (PPSC).

Hondo menerangkan Kukang merupakan satwa yang dilindungi sesuai Undang Undang Nomor 5 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem. Keberadaan spesies ini sudah terancam punah sehingga perli dilakukannya penyelamatan.

“Satwa ini harus segera direhabilitasi agar secepatnya bisa dilepas-liarkan, sehingga dapat kembali ke habitatnya,” tutur Hondo.

Sementara itu Humas PMI Kabupaten Sukabumi, A Fikri menerangkan upaya penyelamatan satwa dilindungi ini bukan kali pertama dilakukan oleh kelembagaannya.

“Tahun lalu kami juga telah menyelamatkan seekor Lutung Jawa (Trachipithecus auratus) dari praktik perdagangan ilegal,” terangnya. (Ton)