Longsor Tutup Akses Jalan di Simpenan, Warga di Dua Desa Terisolasi

Kabupaten Sukabumi – Warga di dua desa di Kecamatan Simpenan Kabupaten Cianjur, terisolasi akibat material longsoran yang menutup akses satu-satunya di wilayah tersebut. Akibatnya, warga terpaksa mogok beraktivitas lantaran tak bisa melintas.

“Benar, aktivitas warga kini mogok, untuk sementara gak bisa lewat,” kata Kepala Desa Cibuntu Dodi Setiawan, saat dihubungi melalui wartawan melalu aplikasi perpesanan WhatsApp. Jumat (28/2/2020).

Dodi menyebutkan, kedua desa tersebut, yakni Desa Cibuntu dan Desa Mekarasih, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi.

Sebelumnya, longsor terjadi di Kampung Cipurut Pasir Angin, Dusun Tangkolo, Desa Cibuntu, Kecamatan Simpenan, Rabu (26/2/2020), menutup jalan yang menghubungkan dua desa.

Koordinator Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) Badan Penanggulangan Bencana Darah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna mengatakan, longsor terjadi karena hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan longsor terjadi sehingga jalan penghubung dua desa di Simpenan tertutup. “Saat ini kami masih terus melakukan evakuasi supaya jalan bisa dilalui,” ujarnya.

Saat ini, lanjut dia, BPBD sudah menurunkan alat berat untuk membersihkan material longsor agar jalan kembali bisa dilewati warga untuk beraktivitas.

“Yang longsor tutup jalan semua, malam tadi baru ada bantuan alat berat, hari ini mau mulai di keruk,” pungkasnya. ***