Menjuarai Lomba Kicau Burung, Ternyata Ini Kisah Haru Dibalik Kemenangannya

M Rizal Jalaludin
Reporter Sukabumi Selatan

Kabupaten Sukabumi – Peringati HUT Bhayangkara ke 73, Kapolres Sukabumi gelar lomba kicau burung yang dimenangkan oleh Booy Kenari. Ia adalah warga Kampung Sukawarna, Desa Cipanengah, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi.

Mengaku sudah sekitar lima tahun menekuni hobi burung ini, pihaknya terfokus ke dua jenis burung saja yakni kenari dan murai. Seperti merawat burung pada umumnya, pihaknya hanya memberi pakan yang berkualitas dan tidak membiarkan burungnya berkeliaran sembarangan.

“Sebaiknya burungnya jangan diumbar begitu saja saat dalam perawatan. Jadi sangkarnya selalu ditutup agar burungnya tidak stress. Selain itu sangkar dan burungnya juga harus dalam keadaan bersih juga,” jelasnya.

Kemenangannya kali ini diakuinya memberikan kepuasan tersendiri. Sebab burung miliknya berhasil mengalahkan burung kenari seri F1 (kenari besar). Sedangkan kenari miliknya hanya kenari lokal yang berpostur tubuh kecil.

Padahal menurutnya, hobi burungnya ini bermula secara tidak sengaja. Saat itu ia mengaku berusaha mengalihkan kegundahan hatinya selepas bercerai dengan istrinya dengan menyibukkan diri. Merawat burung menjadi pilihannya kala itu.

Tak hanya mengikuti perlombaan burung di Sukabumi, ia juga kerap mengikuti berbagai perlombaan serupa hingga ke luar daerah dengan ditemani putrinya yang kini berusia lima tahun. Hal ini terpaksa dilakukannya karena tak ada yang menggantikannya mengurus anaknya.

“Sejak usia delapan bulan saya merawat sendiri anak saya ini. Jadi hasil perlombaan burung ini saya pakai untuk biaya hidup kami sehari-hari,” pungkasnya. (SF)