Musim Kemarau Diduga Picu Kebakaran Lahan di Cisolok

Kabupaten Sukabumi – Kebakaran yang menimpa lahan kosong seluas lima hektar di perbatasan Kampung Cikondang Pasir Baru, Desa Karangpapak, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Kamis (22/08) sekira pukul 14.00 WIB (diberitakan sebelumnya pukul 15.00 WIB) hingga kini masih diselidiki polisi terkait penyebabnya.

Dugaan sementara kebakaran terjadi karena faktor musim kemarau panjang. Tumbuhan ilalang liar yang ada di lahan tersebut kering sehingga mudah terbakar. Hal tersebut disampaikan oleh Kapolsek Cisolok, AKP Fery Poloso yang ditemui Masaginews.com di lokasi kebakaran.

“Belum diketahui secara pasti, tapi perkiraan ada kaitannya dengan musim kemarau yang berkepanjangan ini,” ujarnya.

Kobaran api yang melahap habis tumbuhan ilalang kering di lahan tersebut semakin membesar. Hal ini tentu saja membuat warga sekitar panik. Mereka khawatir kobaran apinya merembet ke pemukiman warga yang jaraknya cukup dekat dengan lokasi tersebut.

Bahkan Camat Cisolok, Asep Mauludin Hidayat mengatakan mengingat lokasi kebakaran yang cukup sulit dijangkau pihak pemadam kebakaran, warga sekitar sempat mencoba memadamkan api dengan alat seadanya.

“Sambil menunggu kedatangan pemadam kebakaran, warga juga sudah berusaha memadamkan api dengan alat seadanya hingga akhirnya pemadam kebakaran datang dan api padam sekira pukul 21.00 WIB,” pungkasnya. (M. Rizal Jalaludin)