Pabrik Tahu di Cisaat Hangus Dilalap Si Jago Merah

Kabupaten Sukabumi – Pabrik tahu yang berada di Kampung Selaawi, RT 03/01, Desa/Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi ludes dilalap si jago merah. Kebakaran tersebut diduga akibat dari percikan api yang berasal dari tungku untuk mengolah bahan baku tahu.

Relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kecamatan Cisaat Imam Ismail mengatakan kebakaran yang terjadi sekitar pukul 20.00 WIB tersebut dipicu dari percikan bara api yang berasal dari tungku atau hawu utuk mengolah tahu isi. Pemilik dan pegawai pabrik tahu tersebut mencoba memadamkan api dengan alat seadanya namun karena di lokasi tersebut banyak benda yang mudah terbakar sehingga api cepat membesar.

“Beberapa unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api ini yang dibantu petugas dari Polsek dan Koramil Cisaat serta warga sekitar. Beruntung api tidak merembet ke bangunan lainnya dan baru bisa dipadamkan sekitar setengah jam kemudian,” katanya kepada Masaginews.com, Kamis.

Akibat bencana kebakaran tersebut ditaksir kerugian mencapai Rp40 juta. Tidak ada korban jiwa pada peristiwa ini namun pemilik pabrik tahu tersebut harus diungsikan ke tempat yang lebih aman dan untuk sementara pabrik tersebut tidak bisa lagi digunakan.

Hingga saat ini, petugas dari Polsek Cisaat masih melakukan penyelidikan dan memintai keterangan dari sejumlah saksi. Pihaknya pun tetap bersiaga membantu korban untuk mencari barang yang masih bisa diselamatkan dan kondisi pun sudah kondusif. (*)