Pasca Rumah Ambruk, Warga Ciambar Harapkan Bantuan Pemerintah

Irfan Rifaudin
Reporter Sukabumi Utara

Kabupaten Sukabumi – Puluhan warga dengan dibantu pemerintah desa dan relawan BPBD bergotong-royong membereskan puing-puing reruntuhan rumah semi permanen milik Muhamad Sumadi dan Rohimah pada Senin (01/04).

Diberitakan sebelumnya rumah warga Kampung Nyalindung RT/RW 03, Desa Munjul, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi tersebut ambruk akibat hujan deras disertai angin kencang pada Minggu (31/03) sekira pukul 14.40 WIB.

Menurut pengakuan Rohimah (37), saat kejadian pihaknya tengah berada di dalam rumah dengan kedua anaknya. Lalu saat hujan deras disertai angin kencang mulai menggoyangkan atap rumahnya hingga nyaris roboh, ketiganya berhamburan keluar rumah menyelamatkan diri.

“Sudah mulai terdengar retakan kayu atap rumah seperti akan ambruk. Kami langsung berlari kerumah tetangga untuk menyelamatkan diri,” ujarnya.

Kini untuk sementara, ia dan keluarganya mengungsi di rumah kerabatnya. Ia hanya bisa berharap agar pemerintah dapat memberikan bantuan karena hampir seluruh perabotan rumahnya rusak dan hancur tak terselamatkan.

Selain itu, Kepala Desa Munjul, Eman Sulaeman mengatakan akibat peristiwa tersebut kerugian ditaksir mencapai Rp40 juta. Sementara menunggu bantuan, ia bersama warga setempat membantu membersihkan puing-puing dan barang yang tersisa.

“Kami akan berkoordinasi dengan seluruh lembaga desa untuk membereskan puing-puing pasca rumah ambruk ini, sekaligus mendata apa saja kebutuhan yang diperlukan agar bisa diperbaiki dengan dana seadanya dulu,” pungkasnya. (Ari)