Pemkab Sukabumi Gelontorkan Dana Semiliar Untuk Rehab Rutilahu di Cikembar

Kabupaten Sukabumi – Pemerintah Kabupaten Sukabumi menggelontorkan dana sekitar Rp1 miliar untuk perbaikan puluhan rumah tidak layak huni (rutilahu) di Kecamatan Cikembar.

Antisipasi penyelewengan pemerintahan kecamatan setempat melakukan peninjuan langsung ke lokasi pembangunan guna mengetahui sejauh mana perkembangan rehabilitasi RTLH di masing-masing desa.

“Kami dari kecamatan punya kewajiban untuk melakukan pemantauan sejauh mana rehabilitasi RTLH yang berada di Kecamatan Cikembar, sehingga akan sesuai dengan apa yang di amanatkan oleh pemerintah,” ujar Camat Cikembar Arif Solihin.

Di wilayah Kecamatan Cikembar terdapat 11 Desa yang mendapatkan bantuan rutilahu yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp1 Miliar,

Lanjut Arif, Selain pemantauan di bidang pengerjaannya, pihaknya juga memantau mengenai pengalokasian anggaran RTLH tersebut, agar tepat sasaran dan tepat waktu dalam hal pengerjaannya.

Dalam pembangunan ini lebih membudayakan gotong royong atau membantu tetangganya yang mendapatkan bantuan rehab, sehingga pengerjaannya bisa selesai dengan tepat waktu

“Sejauh ini tidak ditemukan adanya penyelewengan anggaran yang dilakukan oleh masing-masing desa, untuk progres bervariasi mencapai sekitar 75 hingga 100 persen,” pungkasnya (Ruslan Abdul Gandi)