PT DGS Bantah Cemari Sungai Cimahi

Kabupaten Sukabumi – PT Daehan Global Sukabumi (DGS) bantah telah cemari sungai Cimahi. Pihak manajemen mengklaim pengelolaan limbah perusahaan yang bergerak di bidang garment itu sudah dilakukan dengan maksimal.

Perusahaan yang berada di Kampung Selaawi RT 04 RW 04, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi ini mengaku telah memenuhi standar operasional dalam pengelolaan limbahnya.

Manager Washing PT. DGS, Andi menuturkan dalam pengolahan limbah pihaknya sudah memenuhi SOP dengan menggunakan beberapa alat diantaranya 15 penampungan dan dua filter yang digunakan sebagai penyaring limbah sejak perusahaan itu berdiri.

“Pembuangan limbah dilakukan sesuai jam kerja, yakni dari pagi hingga pukul 16.30 WIB, kalau sudah tidak produksi ya otomatis kami berhentikan pembuangan limbahnya,” jelasnya.

Sementara, Manager HRD PT. DGS Abdul Haris menanggapi keluhan warga yang menduga limbah pabriknya telah mencemari sungai.

“Kalau akibat buangan limbah dari pabrik ini berarti sejak 2011 ikan sudah pada mati,” tandasnya.

Ia mengaku selalu koordinasi dengan pemerintah daerah dalam penanganan limbah, apabila ada permasalahan yang terjadi ia juga selalu mengecek secara berkala mesin pengolahnya.

Reporter: Irfan Rifaudin
Editor: Agung Sugiharto