Puluhan Warga di Pesisir Pantai Palabuhanratu Terancam Kehilangan Tempat Tinggal

SUKABUMI – Sedikitnya 20 rumah warga di pesisir pantai tepatnya di Kampung Cipatuguran RT 01, 02/RW 21, Kel/Kec Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, terancam hilang oleh gelombang pasang. Pasalnya, gelombang pasang yang terjadi sejak Oktober 2020 tersebut terus mendekati rumah warga.

“Hampir 20 rumah di RW 21 sudah hampir rapat dengan air,” ujar Ketua RW 21 Ujang Sudira, kepada wartawan, Selasa (16/2/2021).

Atas kejadian tersebut dan untuk mengantisipasi tersebut, pihaknya bersama warga telah meminta pembangunan bronjong kepada PT Indonesia Power (IP) dan intansi terkait di Pemkab Sukabumi.

“Alhamdulillah bronjong dengan panjang 1.000 meter bantuan dari Indonesia Power datang dan diterima dengan baik dan ada buktinya,” jelasnya.

Sementara, warga tetap meminta pemerintah Kabupaten, Provinsi ataupun pusat untuk lebih memperhatikan dan memberikan solusi agar warga pesisir tidak khawatir.

“Namun, kami memohon kepada pemerintahan supaya secepat mungkin ini dibangun, atau mencari solusi yang terbaik buat kenyamanan masyarakat,” terangnya.

Pihaknya juga menegaskan, agar pemerintah segera mengambil langkah cepat agar warga merasa aman.

“Pemerintahan secepatnya mengambil langkah yang terbaik buat keamanan dan kenyamanan masyarakat, karena warga khawatir, kan abrasi terus menerus sudah hampir ke rumah. Ini dari pemerintah Kabupaten, Provinsi ataupun Pusat ini harus secepatnya sebelum hilangnya nyawa manusia,” pungkasnya. ***