Salah Paham, Ratusan Karyawan di Parungkuda Sukabumi Lakukan Aksi Mogok Kerja

Kabupaten Sukabumi – Ratusan karyawan PT. Nina Venus Indonusa 1 menggelar aksi mogok kerja di halaman pabrik yang berlokasi di Jalan Raya Angkrong, Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi pada Jumat (08/03) siang.

Aksi mogok kerja ini diduga lantaran habisnya kontrak kerja para karyawan, yang nantinya akan berganti status menjadi karyawan borongan.

Susi Rahayu (25), salah seorang karyawan pabrik yang bergerak di bidang produksi rambut palsu (wig) tersebut mengaku tidak terima dengan keputusan itu.

“Setelah masa kontrak kerja habis kami akan dijadikan karyawan borongan. Kami tidak terima karena status kerja yang tidak jelas. Maka kami bersama golongan solidaritas karyawan melakukan aksi mogok kerja,” jelasnya saat ditemui di lokasi pabriknya.

Sementara itu, HRD PT Nina Venus Indonesia 1, Rudi Hermawan mengatakan bahwa telah terjadi kesalahpahaman antara karyawan dan pihak manajemen perusahaan.

“Ini hanya salah paham, karena kita hanya mengingatkan saja untuk karyawan yang telah habis kontrak kerjanya boleh melanjutkan kerja. Namun kami arahkan ke status borongan karena barang orderan sedang menurun,” paparnya.

Sementara itu pihaknya juga menjelaskan bahwa permasalahan antara konsumen dan pemilik perusahaan telah diselesaikan. Untuk itu para karyawan bisa melanjutkan bekerja hingga Hari Raya Idul Fitri mendatang.

Reporter: Irfan Rifaudin
Editor: Ari Wahyuni