Selain Berkonsep Tradisional, Fasilitas Rest Area Terminal Sukabumi Ini Bikin Betah

Kota Sukabumi – Sebuah rest area berkonsep tradisional sunda yang terbuat dari Haur Koneng alias bambu kuning kini ada di Terminal Tipe A, K.H Ahmad Sanusi, Kota Sukabumi.

Kepala Terminal Tipe A, K.H Ahmad Sanusi, Kota Sukabumi Yuki Rahmat Yunus mengatakan pihaknya sengaja membuat rest area dengan konsep tersebut karena dinilai sangat lekat dengan budaya lokal.

“Sengaja kami memakai konsep budaya lokal karena kita berada di tanah Pasundan, agar ciri khas dari budaya sundanya itu jangan sampai hilang. Maka digunakanlah Haur Koneng,” paparnya saat ditemui Masaginews.com

Ia menjelaskan pembangunan Bale Haur Koneng ini dilakukan secara bertahap dengan sumber dana yang diperoleh dari dana swadaya seluruh staff yang bertugas di terminal tersebut.

“Kami bangun tempat ini secara bertahap selama tiga bulan tanpa bantuan dari luar. Rencana kedepannya kami juga akan menambahkan kesan modern dengan adanya Taman Palet dan Vertikal Garden,” imbuhnya.

Kini selain beristirahat, para pengemudi maupun penumpang juga bisa menikmati fasilitas lain seperti internet gratis, soket pengisi daya bahkan tontonan hewan reptil seperti ular dan iguana.

Sementara itu, Debi Silvia (23), salah seorang penumpang mengaku sangat mengapresiasi adanya rest area yang nyaman bagi penumpang seperti dirinya.

“Bagus sekali, saya sebagai penumpang sangat merasakan manfaatnya karena selain bisa beristirahat juga bisa sambil nge-charge dan menikmati wifi gratis,” pungkasnya.

Reporter: M. Rizky
Editor: Ari Wahyuni