Sempat Pecah Ketuban, ODGJ di Sukabumi Berhasil Lahirkan Bayi Secara Normal

Kabupaten Sukabumi – Setelah menunggu sekitar dua jam untuk mendapatkan penanganan tim medis RSUD Palabuhanratu, akhirnya Ika, ODGJ binaan Panti Rehabilitasi Mental Aura Welas Asih Palabuhanratu melahirkan anak yang telah dikandungnya secara normal, Senin (15/07).

Pemilik sekaligus pengelola Panti Rehabilitasi Mental Aura Welas Asih, Deni Solang mengatakan Ika melahirkan sekitar pukul 22.20 WIB. Ika dibawa oleh Deni ke RS sekitar pukul 20.30 WIB karena sebelumnya merasakan mules.

“Ia sebelumnya sempat berteriak kesakitan dan mengira ada cacing yang bergerak diperutnya. Padahal itu merupakan bayi yang akan keluar dari perutnya. Syukurlah, kini bayi tersebut telah lahir tanpa operasi,” jelasnya kepada Masaginews.com.

Bayi laki-laki tersebut terlahir normal dengan berat 2,1 kg dan panjang 47 cm. Rencananya bayi tersebut sementara akan dirawat di rumah Deni. “Syukurlah kelahiran bayi ini terbilang mudah. Sementara ibunya di Panti, bayi ini akan dirawat di rumah saya,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan pihaknya bersama pengurus Panti yang lain merasa lega dan bahagia. Sebab sebelumnya pihaknya telah merencanakan operasi caesar untuk Ika yang semula sempat pecah ketuban. Khawatir terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, pihaknya segera membawanya ke RS untuk mendapatkan penanganan medis.

“Selama ini kami sudah berkonsultasi dengan Puskesmas Palabuhanratu tentang kehamilan Ika. Bahkan kami sudah merencanakan operasi caesar pada hari Rabu mengingat kondisi kejiwaan yang dialaminya,” paparnya.

Ika adalah ODGJ yang dikirim dari Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi sekitar sebulan lalu dalam kondisi hamil delapan bulan. Menurut pihak Dinsos mengatakan Ika adalah warga Warungkiara, Kabupaten Sukabumi.

Namun hingga kini pihak Panti juga belum tahu tentang keluarga Ika, sebab selama perawatan di Panti komunikasi dengan Ika masih belum nyambung. (Rizal Jalaludin)