Suami Alami Stroke, Nenek Ini Berperan Ganda Mengais Rejeki

Kabupaten Sukabumi – Saminem seorang nenek rela berperan ganda yakni mengurus rumah tangga dan harus mengais rejeki. Hal ini harus ia jalani setelah sang suami hanya bisa terbaring di tempat tidur akibat penyakit stroke yang yang dideritanya.

Perempuan ini setiap hari tanpa mengenal lelah harus menjajakan bakso tusuk dengan cara dipikul berkeliling kampung untuk menghidupi keluarganya.

“Saya punya dua putri masih sekolah SMP dan SD yang butuh biaya sehari-hari,” ucap Saminem yang ditemui Masaginews.com di kediamannya di Kampung Cikukulu, RT 07/02, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi.

Perempuan berusia 50 tahun itu mengaku sudah sudah enam tahun menjalaninya, berangkat sehabis waktu ashar hingga maghrib dengan memikul dagangannya berisi 70-100 butir bakso.
“Harga perbutirnya ada yang Rp500 dan Rp1000 tergantung besarnya,” katanya lirih.

Dikatakannya, dari hasil dagangnya setiap hari dia mendapat keuntungan sekitar Rp20 ribu yang dibelanjakan untuk keperluan sehari-hari.

“Bantuan dari pemerintah dapat juga melalui program keluarga harapan (PKH) dan dana bantuan sekolah (BOS) tapi tidak cukup menutupi kebutuhan harian,” ungkap Saminem.

Dia tinggal bersama keluarganya dirumah berukuran 3×5 meter, sementara sang suami Lili Bisri (67) tidak berdaya dengan penyakit yang dideritanya, diapun berharap ada dermawan atau pemerintah yang rela membantu modal untuk menambah jumlah dagangannya.

Reporter: Irfan Rifaudin
Editor: Agung Sugiharto