Sukabumi Menjadi Pemasok Terbanyak Buruh ke Luar Negeri

Kabupaten Sukabumi – Sukabumi menduduki peringkat ketiga se-Jawa Barat, pengirim Tenaga Kerja Indonesia (TKI) keluar Negri, setelah Indramayu dan Cirebon.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) fraksi Partai Golkar Dewi Asmara mengatakan saat ini Sukabumi adalah salah satu daerah pengirim TKI ke luar negri yang cukup banyak jumlahnya di Jabar. Sehingga pihaknya terus melakukan pengecekan dan perlindungan terhadap buruh migran terlebih sekarang kembali marak TKI yang disiksia majikannya.

“Kita harus mengecek terlebih dahulu, apakah memang TKI yang menjadi korban tersebut berangkat dengan perosedur yang seharusnya atau ilegal. Itu alasan kita cek terlebih dahulu untuk mendapatkan data yang lebih kongkrit,” bebernya.

Walaun mereka berangkat secara ilegal ke luar negeri untuk mencari nafkah, Tetapi apapun itu, negara harus hadir dan tetap memperhatikan nasib para pahlawan devisa yang tengah membanting tulang di negara asing.

Ia mengaku akan melindungi dari mulai peroses perekrutan, proses pemberangkatan hingga penempatan. Namun satu atau dua yang lolos unprosedural tetap harus diperhatikan dan dilindungi dan bekerjasama dengan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Peraturan Menteri Tenaga Kerja  (Permenaker) dengan Kedutaan Indonesia yang berada disana sebagai garda terdepan.

Sementara itu, terkait banyaknya sponsor yang blusukan ke kampung-kampung untuk mencari calon TKI, pihaknya dengan BNP2TKI serta Kemenaker terus melakukan sosialisai kepada masyarakat dan melakukan perbaikan undang-undang untuk perlindungan TKI di luar negeri.

Selain itu, pihaknya juga membentuk pelayanan satu atap untuk pengiriman tenaga kerja keluar negeri, sehingga tidak ada celah lagi. Pemerintah daerah pun harus ikut mencegah dan mengantisipasi adanya TKI ilegal. (Ruslan Abdul Gani)