Tekan Jumlah Sampah, DLH Kabupaten Sukabumi Gencarkan Program Bank Sampah

M Rizal Jalaludin
Reporter Sukabumi Selatan

Kabupaten Sukabumi – Mengatasi permasalahan sampah di Sukabumi, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi ajak masyarakat mengelola sampah melalui bank sampah.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah DLH Kabupaten Sukabumi, Denis Eriska menjelaskannya dalam acara peningkatan peran serta masyarakat dalam pengelolaan persampahan yang belum lama ini dilaksanakan.

“Pengembangan bank bank sampah ini dilakukan supaya target pengurangan sampah rumah tangga sebanyak 30 persen dari angka timbunan sampah pada 2025 mendatang sesuai kebijakan dan strategi nasional tercapai,” jelasnya saat dikonfirmasi melalui aplikasi pesan singkat.

Hingga kini bank sampah yang terdata aktif di Kabupaten Sukabumi ada 34 bank sampah. Masing-masing tersebar di beberapa kecamatan seperti Cibadak, Kebonpedes, Kadudampit, Cikembar dan kecamatan lainnya.

“Kita terus lakukan verifikasi untuk mengupdate datanya di tiap-tiap kecamatan. Di bank sampah itu juga dipilah antara sampah organik dan sampah plastik,” imbuhnya.

Pihaknya terus berkomitmen untuk mendorong masyarakat membentuk bank sampah lebih banyak lagi agar program pengurangan sampah dapat tercapai. (Ari)