Tingkatkan Pelayanan, Anggota Satlantas dan Driver Ambulance di Sukabumi Ikuti Pelatihan dan Sertifikasi

SUKABUMI – Satlantas Polres Sukabumi menggelar Pelatihan dan sertifikasi bagi Pengemudi Ambulance dan Anggota Sat Lantas Polres Sukabumi di Kantor Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi, Selasa (9/2/2021).

Sedikitnya 6 petugas Satlantas dan sopir ambulance menerima materi, edukasi, sekaligus sertifikasi dari Kasat Lantas Polres Sukabumi. Kegiatan tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Salah satu materi yang diberikan kepada para driver ambulance adalah cara penggunaan rotator maupun sirine ambulans. Penggunaan rotator dan sirine telah diatur dalam Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan jalan.
Selain itu kita mendukung program 100 hari kerja Kapolri untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di masa pandemi,” ujar Kasat Lantas Polres Sukabumi, AKP Riki Fahmi Mubarok.

Dalam pelatihannya, kata Riki, peserta diberikan edukasi tata cara membawa penumpang, baik pasien maupun jenazah. “Selain itu juga kita memberikan pemahaman bersama Anggota Satlantas, karena nantinya anggota akan bersinergi, karena  ambulans ini mendapat prioritas utama di jalan raya. Dan setelah selesai kita berikan sertifikat,” jelasnya

Kedepan pihaknya berharap anggota Satlantas maupun Sopir Ambulans memiliki kemampuan dan keahlian dalam menggunakan kewenangannya di jalan raya dengan tetap menghormati pengguna jalan lain.

“Mengingat situasi pandemi, Pihaknya tidak bisa sertamerta mengumpulkan seluruh driver ambulance di wilayah hukum Polres Sukabumi. Saat ini kita melakukan kegiatan dengan tetap menerapkan sosial distancing, program ini akan berkelanjutan mengingat dewasa ini nyaris seluruh desa di Kabupaten Sukabumi memiliki unit ambulans desa,” pungkasnya. ***