Tujuh ODGJ di Palabuhanratu Jadi Petugas Upacara HUT Kemerdekaan RI

Kabupaten Sukabumi – Gelar Upacara Bendera memperingati HUT RI yang ke 74, tujuh orang Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) menjadi petugas upacara di Kampung Cipatuguran, Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (17/08).

Ketujuh ODGJ yang berasal dari Panti Sosial Aura Welas Asih (PS AWA) tersebut tiga diantaranya menjadi petugas pengibar bendera merah putih, sedangkan sisanya menjadi petugas pembaca teks proklamasi, pembaca teks UUD 1945, pembaca teks pancasila dan pembaca doa.

Selain ketujuh ODGJ tersebut menjalankan tugasnya dengan baik, beberapa warga binaan lainnya juga menjadi peserta upacara dengan tertib dan penuh khidmat.

Ketua PS AWA, Deni Solang mengatakan hal ini adalah pengalaman pertama bagi para warga binaannya dalam menjadi petugas upacara HUT Kemerdekaan RI dan mungkin menjadi yang pertama di Indonesia.

“Mungkin ini yang pertama di Indonesia ada ODGJ yang mengikuti upacara HUT RI bahkan diantaranya menjadi petugasnya,” jelasnya kepada Masaginews.com.

Untuk itu tentunya selain berharap warga binaannya segera pulih seperti sediakala, pihaknya sangat berharap ODGJ ini mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah agar tidak lagi dipandang sebelah mata.

“Beberapa warga binaan kami yang sudah mulai pulih akan siap kembali lagi ke masyarakat. Jadi kami harap stigma negatif tentang ODGJ yang meresahkan masyarakat itu dibuang jauh-jauh. Karena mereka punya hak yang sama untuk berkarya bagi bangsa,” pungkasnya. (M. Rizal Jalaludin)