VMA, Alat Canggih Untuk Membantu Kinerja Nelayan di Sukabumi

Kabupaten Sukabumi – Pertama kalinya di Sukabumi, para nelayan Cisolok mendapatkan bantuan berupa Vessel Multi Aid (VMA) dari sebuah perusahaan swasta yang diberikan pada Selasa (19/03) di Gedung Aula Dinas Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Sukabumi.

VMA adalah perangkat komunikasi dengan menggunakan gelombang radio dan tenaga surya dengan jarak tempuh sekitar 45 kilometer atau setara dengan 29 mil.

Presiden Direktur PT. Unggul Cipta Teknologi (UCT), Yun Bum Soo yang memberikan bantuan alat ini telah bekerjasama dengan Balai Besar Penangkapan Ikan (BBPI) untuk memudahkan nelayan menangkap ikan.

“Dengan alat ini jadi nelayan tidak perlu lagi berkeliling mencari keberadaan ikan karena sudah otomatis terdeteksi. Alat ini memberikan informasi seperti daerah potensi penangkapan ikan, e-logbook, info cuaca dan navigasi,” paparnya

Sekda Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa menyambut baik kehadiran alat tersebut yang kedepannya akan semakin memudahkan para nelayan di Kabupaten Sukabumi ini.

Bahkan pemerintah juga dimudahkan dalam mendata jumlah tangkapan ikan nelayan karena alat tersebut bisa melaporkan data penangkapan ikan secara real time melalui e-logbook yang sudah bersertifikat SDI.

“Selain itu, informasi SOS dan keselamatan juga bisa diketahui dan informasinya sangat cepat, selain itu VMA ini bisa memeriksa kapal yang melanggar atau tidak layak melaut. Masyarakat Sukabumi yang pertama kali mendapatkan alat ini,” jelasnya.

Pihaknya juga berharap agar para nelayan diberi pelatihan untuk pengoperasian dan perawatan VMA agar bisa memanfaatkannya dengan baik.

Reporter: M. Rizal Jalaludin
Editor: Ari Wahyuni