Waduh, Ada Kebakaran di Upacara HUT Kabupaten Sukabumi ke 149

Kabupaten Sukabumi – Ratusan peserta upacara di Lapang Cangehgar, kaget luar biasa, melihat kobaran api di tengah-tengah lapang upacara yang cukup besar. Bahkan, anehnya Bupati Sukabumi Marwan Hamami, bukannya menjauh, malah mendekati api yang berkobar.

Kegiatan tersebut salah satu atraksi dalam acara seremoni, dan usul punya usul kobaran api tersebut sengaja dibuat oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukabumi.

Tepat di tanggal 10 September 2019 hari jadi atau Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sukabumi menginjak usia ke 149.

Di HUT Kabupaten Sukabumi semua elemen pemerintahan dan masyarakat bahkan pelajar antusias mengikuti Upacara HUT Kabupaten Sukabumi ke 149 yang digelar di Lapang Cangehgar Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu. Selasa (10/9).

Kasi Sarana Prasarana Mako Damkar Kabupaten Sukabumi, Yudi Darmawan membenarkan kejadian tersebut. Yudi mengatakan, bahwa kobaran api tersebut sengaja dibuat sebagai bentuk atraksi yang dilakukan Dinas Damkar Kabupaten Sukabumi.

Atraksi yang dilakukan merupakan salah satu tugas pokok dari Damkar dalam penanggulangan kebakaran baik besar maupun kecil.

“Atraksi yang dilakukan dari Dinas Damkar adalah salah satu tugas pokok dari Damkar dalam penanggulangan kebakaran baik besar maupun kecil,” ujar Yudi kepada Masaginews.com. Selasa (10/9).

Masih kata Yudi, aksi tersebut melibatkan Bomba (pemadam) dari Malaysia yang memperkenalkan alat pemadam kebakaran berupa cairan yang disebut Bompet yang digunakan untuk memadamkan api dalam waktu singkat.

“Bompet itu sejenis cairan dalam kemasan botol, jika terjadi kebakaran kecil sampai sedang bisa digunakan dengan cara melemparkan cairan dalam botol ke titik api dan bisa memadamkan api dengan cukup efektif, bapak bupati sendiri ikut mencoba Bompet tersebut,” jelasnya.

Menurutnya, Bompet mampu memadamkan api dalam waktu lima sampai sepuluh menit dengan menggunakan dua sampai lima botol Bompet.

“Kalau untuk api sedang dengan Bompet dua atau lima botol Bompet bisa sampe lima sampai sepuluh menit memadamkan api,” pungkasnya. (M Rizal Jalaludin)